Harga Sewa Kantor di luar Area Segitiga Emas Jakarta Tetap Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan harga sewa perkantoran tak hanya terjadi di kawasan Segitiga Emas atau Central Business District (CBD) Jakarta, melainkan juga di kawasan non-CBD.Di luar CBD, rata-rata ...

  • propertidata
  • 2017.01.09
  • 8

    view

  • Harga Sewa Kantor di luar Area Segitiga Emas Jakarta Tetap Tinggi

    JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan harga sewa perkantoran tak hanya terjadi di kawasan Segitiga Emas atau Central Business District (CBD) Jakarta, melainkan juga di kawasan non-CBD.

    Di luar CBD, rata-rata harga sewa perkantorannya pada kuartal-IV 2016 ada di angka Rp 225.801 per meter persegi per bulan atau menukik turun 5,3 persen dibanding kuartal-IV 2015.

    Kendati merosot secara tahunan, harga sewa perkantoran di sana melompat cukup tinggi setelah pada tiga kuartal sebelumnya menurun.

    "Peningkatan itu terjadi berkat kontribusi tiga dari delapan gedung perkantoran baru yang secara percaya diri menawarkan harga sewa di atas rata-rata harga pasar," Senior Associater Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto, di Jakarta, Kamis (5/1/2017).

    Terdapat tiga gedung perkantoran yang masing-masing berada di Jakarta Pusat, Barat, dan Utara menaikkan harga sewa perkantorannya secara signifikan yakni berturut-turut sebesar 15 persen, 16 persen, dan 35 persen.

    Bahkan salah satu gedung perkantoran di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat menyesuaikan tarif dasar sewanya hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

    Kemudian dua gedung yang baru beroperasi di Jakarta Barat dan Utara menjadi salah satu penyebab kenaikan harga sewa di dua lokasi tersebut.

    Salah salah satu gedung perkantoran baru di Yos Sudarso tercatat menaikkan harga sewanya dua kali lipat dibanding rata-rata sewa kantor di Jakarta Utara pada 2015.

    Sebaliknya, di wilayah lain, gedung-gedung baru yang beroperasi menawarkan tarif sewa lebih rendah dari harga pasar saat ini.

    Selain itu, beberapa gedung perkantoran di koridor TB Simatupang menurunkan harga sewanya dan menyebabkan rata-rata tarif sewa di sana turun sebesar 10,9 persen secara tahunan di Jakarta Selatan.

    Ada pun rata-rata harga sewa di koridor TB Simatupang berdasarkan catatan Colliers adalah Rp 236.018 per meter persegi per bulan pada kuartal-IV 2016 atau turun 15,5 persen secara tahunan.

    Sedangkan area lainnya di Jakarta Selatan, di luar TB Simatupang memiliki rata-rata tarif sewa sebesar Rp 246.722 per meter persegi per bulan.

    "Tersedianya banyak ruang kantor lebih besar dengan harga sewa yang lebih mahal kemudian menyebabkan rata-rata sewa di Jakarta Selatan akan lebih tinggi daripada di TB Simatupang," tandas Ferry.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci