17 Persen Jalan Nasional Masih Rusak

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono menyatakan pihaknya telah bekerja keras untuk penanganan arus mudik lebaran tahun 2015. Pemerintah juga telah memastikan layanan transportasi mudik tapi untuk keamanan pengendara dibutuhkan kerja sama dengan Korlantas Polri. Selain itu masyarakat pengguna jalan juga harus taat aturan.

Jalur Pejagan

Jalur Pejagan

“Untuk lingkup jalan nasional memang belum bisa diwujudkan mantap 100 persen, tapi paling tidak kemantapannya mencapai 83 persen, 17 persen sisanya ada yang rusak berat dan ringan. Ini di luar jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang baru saja diresmikan untuk memperlancar arus mudik,” ujar Basuki usai rapat dengan Komisi V DPR, yang juga diikuti Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan SAR Nasional, di Jakarta, Kamis (25/6).

Basuki menyatakan kesiapan jalan untuk dilalui pemudik tahun ini sudah lebih baik dibandingkan tahun lalu. Jalan-jalan nasional yang masih perlu dibenahi diantaranya di perbatasan Jambi yang ditargetkan selesai awal Juli 2015. Selain itu di lintas timur Kota Palembang juga ada penanganan perbaikan jalan.

“Untuk wilayah Kalimantan masih ada perbaikan Jembatan Tayan, di Makassar-Parepare masih ada perbaikan, seluruhnya akan diselesaikan hingga H-7 lebaran. Untuk jalan di Pulau Jawa saat ini tengah diuji coba jalur Pejagan-Brebes yang tersambung dengan jalan tol Cipali. Saya juga sudah instruksikan ke pejabat eselon I dan II untuk terus memantau jalan nasional yang akan dilalui pemudik,” ujarnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me