2017 Apersi Targetkan Bangun 100 Ribu Rumah MBR

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) akan terus mendukung program nasional pembangunan Sejuta Rumah. Di tahun 2016 lalu Apersi berhasil membangun 80.000 unit rumah. Sementara ...

  • propertidata
  • 2017.01.09
  • 1233

    view

  • 2017 Apersi Targetkan Bangun 100 Ribu Rumah MBR

    Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia‎ (Apersi) akan terus mendukung program nasional pembangunan Sejuta Rumah. Di tahun 2016 lalu Apersi berhasil membangun 80.000 unit rumah. Sementara untuk tahun 2017, Apersi menargetkan dapat membangun 100.000 rumah.

    Ketua Umum ‎DPP Apersi Junaidi Abdillah mengatakan, pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) masih menghadapi banyak kendala di lapangan. Terlebih kebijakan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah berbeda, sehingga berdampak kepada usaha pengembang.

    “Kebijakan pemerintah pusat masih banyak ditanggapi berbeda di daerah, sehingga kesulitan kami untuk meminta soal perizinan dan sertifikasi,” ujar Junaidi. Kebijakan pemangkasan perizinan, diharapkan dapat segera turun. Selama ini, lanjutnya, proses perizinan masih cukup menyita waktu dan panjang, sehingga upaya pembangunan perumahan masih terhambat.

    Apersi, kata Junaidi, akan menuntaskan masalah dan kendala bagi pengembang di daerah untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat dan juga program pemerintah dalam mendorong sejuta rumah. “Kami akan terus fokus untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat terutama di daerah-daerah,” tutur Junaidi.

    Apersi juga menuntut alokasi anggaran untuk perumahan subsidi tahun ini direvisi. Hal ini mempertimbangkan peningkatan realisasi program nasional pembangunan Sejuta Rumah melalui APBN. “Menurut kami ini harus lebih banyak lagi dan kalau perlu ada perubahan, anggarannya ditambah untuk program rumah subsidi,” kata Junaidi.

    Sementara Sekjen DPP Apersi, Daniel Djumali, mengatakan, target tersebut seiring kebutuhan rumah untuk MBR yang masih cukup besar. “Melihat kondisi tahun 2017 ini cukup baik, dan target pemerintah dan perbankan kami yakin target 100.000 rumah bisa tercapai,” kata Daniel. YS

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci