Omni Hospitals Cikarang Mulai Beroperasi Tahun 2016

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai pemancangan tiang pertama pada April 2014, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk menargetkan pembukaan Rumah Sakit Omni Hospitals Cikarang, tahun 2016 mendatang.

“Kemarin April sudah groundbreaking, targetnya setahun dari sejak pembangunan, sudah beroperasi. Sekarang kontraktor pengalaman sekali,” ujar Wakil Direktur Utama PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk Hassan Themas, di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Hassan menjelaskan, kontraktor yang profesional bisa menyelesaikan pembangunan satu lantai dalam kurun waktu seminggu. Sementara total lantai Omni Hospital Cikarang adalah 6 lantai.

Dalam pembangunannya, Sarana Meditama mengeluarkan dana investasi sebesar 30 juta dollar AS atau Rp 390 miliar. Investasi untuk tanahnya sendiri adalah 12 persen (13.000 meter persegi), dengan bangunan dan infrastruktur sebesar 55 persen.

Omni Hospitals Cikarang dirancang memiliki beberapa fasilitas medis antara lain Heart Center, Neuro Surgery Center, Orthopedic Center, Urology Center, Minimal Invasive Surgery Center, Radiology Interventional, dan Trauma Center.

Rumah sakit ini rencananya berkapasitas 250 tempat tidur yang terbagi atas ruang perawatan Kelas 3, 2, 1, VIP, VVIP, HCU, ICU, dan Instalasi Gawat Darurat 24 jam. Diharapkan, rumah sakit ini bisa mendukung upaya pemerintah dalam mendorong sektor swasta dalam meningkatkan investasi di bidang infrastruktur layanan kesehatan.

Lokasi Omni Hospital Cikarang berada di dalam kawasan The Oasis Cikarang. Kawasan ini merupakan garapan PT Cowell Development, Tbk di lahan seluas 13,5 hektar.

Di kawasan tersebut juga akan kembangkan perkantoran, apartemen berlantai tinggi untuk konsumen umum, apartemen berlantai rendah untuk berbagai perusahaan, kondotel, dan apartemen kelas atas dengan pemandangan Danau Cibulan.

Selain itu, di kawasan ini juga akan dibangun hotel bertaraf internasional dan mal.

properti.kompas.com