Implementasi Konsep Hunian Ramah Lingkungan

Jakarta - Desain interior rumah bak fashion yang mengalami perubahan dan tren. Bagi Anda yang akan merenovasi rumah di tahun 2017 ini, ada baiknya mengetahui tren interior rumah terkini.Design Director ...

  • propertidata
  • 2017.01.10
  • 1316

    view

  • Implementasi Konsep Hunian Ramah Lingkungan

    Jakarta - Desain interior rumah bak fashion yang mengalami perubahan dan tren. Bagi Anda yang akan merenovasi rumah di tahun 2017 ini, ada baiknya mengetahui tren interior rumah terkini.

    Design Director E&U, Fanny Natasya, memberikan pandangannya mengenai desain interior rumah yang akan menjadi tren di tahun 2017. Menurutnya, untuk tahun 2017 ini, konsep desain hunian akan lebih fokus pada keseimbangan hubungan manusia dengan alam.

    "Dengan tetap mengedepankan aspek estetik, di tahun ini desain interior rumah akan memprioritaskan aspek ramah terhadap lingkungan (go green)," kata Fanny, kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (10/1).

    Berikut, implementasi konsep hunian yang ramah lingkungan.

    Open Floor Plan

    Konsep ini masih menjadi tren di tahun 2017 ini. Konsep desain yang menghilangkan batas atau sekat antar ruangan dapat memberikan kesan lega karena ekspos cahaya matahari dari luar ke seluruh penjuru ruangan. Selain itu dapat menciptakan sirkulasi udara yang bagus sehingga rumah terasa lebih sejuk meskipun tanpa AC.

    Ruang dengan konsep terbuka biasanya dilengkapi dengan jendela dan pintu yang besar ke arah luar. Jika memiliki taman dalam rumah, tambahan bukaan dapat dibuat menghadap ke taman sehingga rumah terasa menyatu dengan alam.
    Konsep open space ini sangat membantu menghemat pemakaian listrik sehingga sangat membantu mengurangi efek pemanasan global.

    Kombinasi warna yang segar

    Ruang dengan konsep terbuka di atas harus ditunjang dengan modifikasi warna yang tepat. Tidak adanya sekat antar ruang menjadi tantangan untuk memberikan kombinasi warna yang harmonis agar rumah tetep terlihat harmonis dan rapi.

    Memaksimalkan Ruang

    Sempitnya ruang membuat kita harus berkreasi memanfaatkan ruang yang ada di samping memiliki furniture yang mampu menghemat ruang. Untuk menjawab keterbatasan ruang ini, produsen furniture telah menciptakan beragam model furniture yang multi ganda atau disebut smart furniture seperti sofa yang dapat dijadikan tempat tidur atau tempat tidur yang bisa berubah menjadi meja kerja dan sebagainya.

    "Di tahun 2017 ini, dipastikan penggunaan smart furniture akan semakin marak. Pemilik rumah bahkan dapat membuatnya secara custom sesuai kebutuhan," jelas Fanny.

    Menciptakan taman di dalam rumah dapat meningkatkan supply oksigen dan menurunkan suhu rumah. Jika masih memiliki sisa ruang, membuat taman di dalam rumah menjadi pilihan bijaksana.

    "Pembuatan taman vertikal akan semakin digandrungi masyarakat karena efisien tempat, mudah pembuatannya dan tidak memerlukan perlakuan khusus," kata Fanny.

    Konsep Rumah Pintar

    Di tengah kemajuan teknologi, masyarakat yang semakin melek teknologi perlahan mulai menerapkan pengendalian situasi rumah dari jarak jauh atau dikenal sebagai rumah pintar. Dengan sambungan telepon atau internet, Anda dapat mengatur buka-tutup tirai rumah, mengatur penerangan di dalam atau luar rumah, mengawasi seluruh aktivitas yang terjadi di rumah dari jarak jauh.

    "Kendali otomatis ini bisa menjadikan hidup lebih praktis, nyaman dan mendukung upaya penghematan energi. Konsep ini akan menjadi kebutuhan utama bagi keluarga terutama ketika suami – istri bekerja sementara rumah kosong di siang hari," kata Fanny.

    Feriawan Hidayat/FER

    BeritaSatu.com

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci