Ini Kata Pengusaha Australia Mengenai Kepemilikan Properti Asing

Big Banner

Rencana pemerintah untuk mengizinkan Warga Negara Asing (WNA) untuk bisa memiliki properti di Indonesia ternyata disambut baik oleh berbagai kalangan. Salah satunya oleh pengembang properti asal Australia Crown Group. 

Menurut CEO Crown Group Iwan Sunito, dengan diperbolehkannya WNA membeli properti di Indonesia akan menggairahkan industri properti di dalam negeri, sekaligus akan menarik modal asing ke dalam negeri.  

“Kebijakan tersebut nantinya juga akan membuat orang asing mengenal Indonesia dan juga akan menambah supply (properti -red), karena semakin banyak orang yang membeli nantinya akan semakin banyak orang yang membangun,” kata Iwan.     

Menurut Iwan dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, nantinya pengembang properti dalam negeri juga akan bisa belajar dari pasar global, sehingga nantinya pengembang akan menjadi pemain global yang akan memiliki customer yang lebih besar dan dikenal di luar negeri. 

“Di Australia saya kok jarang sekali melihat ada pemain (pengembang -red) properti dari Indonesia, yang ada malah Malaysia, Singapura dan Vietnam,” ujar Iwan kepada Rumahku.com.   

Kendati menyambut baik, Iwan juga meminta pemerintah untuk bisa membuat peraturan yang ketat perihal masalah ini, contohnya seperti WNA dilarang untuk membeli properti murah atau mungkin membatasi pembelian properti dalam jumlah yang banyak. 

“Jika nanti orang asing boleh membeli properti dengan harga murah, maka yang terpengaruh adalah masyarakat bawah, karena kepemilikan properti oleh warga asing akan memicu harga menjadi tinggi,” kata Iwan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me