Tak Lama Lagi Asing Bisa Miliki Apartemen di Indonesia

Big Banner

JAKARTA – Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera mengeluarkan aturan kepemilikan asing untuk properti di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari usulan Real Estate Indonesia (REI) yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ya itu kan sedang dikaji, masih dalam pembahasan, tapi akan keluar aturannya dalam waktu enggak terlalu lama. Karena masih dalam rapat koordinasi dua-tiga kali lagi,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Menurut Sofyan, pemerintah hanya memperbolehkan orang asing untuk miliki properti di Indonesia dalam bentuk apartemen yang nilainya di atas Rp5 miliar.

“Mungkin di atas Rp5 miliar, tapi sekarang masih dikaitkan dengan nanti misalnya dengan izin tinggal yang digabung,” jelas Sofyan.

Nantinya, mekanisme dari aturan kepemilikan asing ini bukan hak milik atau sepenuhnya, tetapi hanya hak pakai bangunan. “Bukan hak milik, tapi hak pakai, tapi hak pakai sama saja,” paparnya.

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan dari Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) dengan memperbolehkan kepemilikan asing di bidang properti dengan tetap mengutamakan akses masyarakat.

“Ini untuk menghadapi persaingan properti di tingkat regional,” kata Jokowi kemarin.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me