Ini Dia Rumah Ramah Lingkungan, Mau?

Foto: Rumah123/iStockTeras dan taman mungil yang tetap menyegarkan mata. Foto: IstockKalau kamu pencinta lingkungan, tentunya lebih memilih rumah berkonsep hijau sebagai hunian. Rumah berkonsep ini bisa ...

  • propertidata
  • 2017.01.11
  • 2374

    view

  • Ini Dia Rumah Ramah Lingkungan, Mau?

    Foto: Rumah123/iStock

    Teras dan taman mungil yang tetap menyegarkan mata. Foto: Istock

    Kalau kamu pencinta lingkungan, tentunya lebih memilih rumah berkonsep hijau sebagai hunian. Rumah berkonsep ini bisa saja kamu beli sudah jadi dari pengembang, atau kamu bangun sendiri.

    Apapun yang kamu pilih, berikut ini langkah-langkah untuk mewujudkan rumah ramah lingkungan:

    Minimalisasi Material Bangunan 

    Pada saat proses pembangunan rumah, usahakan kamu meminimalisasi material bangunan. Kontrol tukang bangunan. Tujuannya, agar kamu bisa hemat material bangunan.

    Penghematan bisa kamu lakukan semisal dengan memanfaatkan material bekas atau material berlebih. Pun dengan memantapkan desain rumah hingga tidak banyak butuh material bangunan atau terbuang.

    Baca juga: Rumah Ramah Lingkungan? Gimana Caranya Sih?

    Pilih Material Ramah Lingkungan

    Bahan bangunan ramah lingkungan semisal baja ringan yang digunakan untuk atap. Ada juga alumunium/PVC atau UPVC untuk kusen pintu dan jendela. Dapat juga memanfaatkan kayu daur ulang.

    Perkecil Penggunaan Energi Listrik

    Kamu perlu merancangan desain rumah yang minim menggunakan energi listrik. Buatlah desain rumah dengan bukaan cahaya alami yang memadai. Intinya, rumah tak menghidupkan lampu saat siang dan sirkulasi udara lancar sehingga tak butuh AC.

    Manfaatkan Energi Alternatif

    Ada sistem yang dapat menghasilkan solar listrik atau photovoltaic (PV). Energi ini dapat menggantikan listrik. Ada pula energi yang memanfaatkan sinar matahari atau tenaga angin. Contohnya, menggunakan pemanas air yang memanfaatkan energi matahari.

    Baca juga: Bisnis Rukos Yuk!

    Irit Air

    Menghemat air dapat dimulai sejak pembangunan rumah. Misalnya, menggunakan kloset dual flush hemat air atau keran sensor, juga sumber air yang bisa didaur ulang.

    Bikin Taman

    Adanya taman di kawasan rumah merupakan salah satu upaya menghijaukan lingkungan. Di taman, kamu dapat menanam berbagai tanaman yang berfungsi sebagai penahan air hujan, menjaga kestabilan, dan kesuburan tanah, serta penghasil oksigen.

    Pohon dan tanaman juga berfungsi sebagai pelindung panas dan penahan debu sehingga rumah jadi lebih nyaman.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci