REI Pastikan Siap Bangun 114.000 Rumah Murah

Big Banner

Jakarta – Ketua Umum DPP RealEstat Indonesia (REI) Eddy Hussy, mengatakan, pihaknya siap membangun sebanyak 114.000 unit pada tahun ini. Angka tersebut, kata dia, diperoleh dari 26 DPD. REI sendiri, diketahui memiliki 34 DPD di seluruh Indonesia.

“Angka tersebut, dipastikan lahan untuk pembangunannya telah tersedia. Untuk jumlah realisasi hingga Juni 2015, anggota REI yang sudah membangun rumah murah sebanyak 32.076 unit yang tersebar di 20 DPD. Hal itu berarti, realisasinya sudah mencapai 28,1 persen dari target,” kata Eddy saat memberikan keterangan di acara buka bersama dengan media, Jumat (26/6).

Meski terbilang masih sangat kecil, lanjut dia, pihak REI sendiri tetap merasa optimistis bahwa target pembangunan rumah murah bakal tercapai. “Karena waktu sudah berjalan enam bulan di tahun ini, kita akan upayakan untuk mengejar sisanya di tahun depan,” tambah dia.

Lebih lanjut Eddy meenjelaskan, jumlah tersebut merupakan realisasi dan target yang ditetapkan pengembang REI melalui perhitungan yang cermat dan evaluasi matang dari masing-masing DPD REI.

“Karenanya, kami berharap ada sinkronisasi aturan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait regulasi maupun kemudahan lainnya sehingga target pembangunan program sejuta rumah bisa lebih banyak diwujudkan,” jelas Eddy.

Sementara itu, lanjut dia, untuk wilayah Jakarta sendiri, pihak REI mendapat laporan bahwa sejumlah pengembang besar bakal membangun sebanyak 54.000 unit rumah susun sederhana milik (rusunami).

“Hal ini merupakan komitmen dari pengembang besar tersebut, jadi di luar program sejuta rumah,” tambahnya.

Feriawan Hidayat/FER

beritasatu.com