5 Tips Mendapatkan Rumah Dijual Berharga Miring

Rumah dijual berharga miring tentu sangat menggiurkan untuk dimiliki. Sejak dulu sampai sekarang, rumah senantiasa menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Bukan sembarang rumah, melainkan tempat tinggal ...

  • propertidata
  • 2017.01.16
  • 1669

    view

  • 5 Tips Mendapatkan Rumah Dijual Berharga Miring

    Rumah dijual berharga miring tentu sangat menggiurkan untuk dimiliki. Sejak dulu sampai sekarang, rumah senantiasa menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Bukan sembarang rumah, melainkan tempat tinggal yang nyaman untuk ditempati. Namun, seiring waktu berjalan, harga rumah kian melambung tinggi. Rumah dengan konsep mungil dan desain minimalis pun kadang kala ditawarkan dengan harga cukup tinggi. Maka, tentu saja rumah dengan banyak kamar dan fasilitas lengkap akan jauh lebih mahal harganya.

    Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Dengan menerapkan teknik-teknik tertentu, rumah murah yang nyaman ditempati dapat Anda miliki. Dilansir oleh Lifull Rumah, terapkan beberapa tips berikut ini:

    1. Membeli Rumah di Kawasan Pinggiran Kota

    Saat ini, memiliki rumah murah yang nyaman di pusat kota membutuhkan keberuntungan atau bahkan keajaiban. Sebab, rata-rata rumah yang dijual dipatok dengan harga tinggi dan dengan desain cenderung mewah. Meskipun begitu, Anda tidak perlu berkecil hati. Segera alihkan perhatian Anda pada kawasan pinggiran kota. Biasanya, harga rumah di daerah ini lebih murah dibanding pusat kota. Dalam hal ini, rumah di pinggir kota dapat menjadi investasi yang menjanjikan. Hal ini mengingat dalam beberapa tahun ke depan, kawasan pinggiran akan semakin berkembang seiring lokasinya sebagai penyangga kota. Sebagai catatan, pastikan lokasi rumah tersebut mudah diakses dari dan menuju pusat kota. Lokasi rumah hendaknya juga dicek tingkat kerawanannya, terutama dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa, gunung meletus, dan angin kencang.

    2. Membeli Rumah Lelang

    Rumah lelang biasanya ditawarkan oleh pihak bank. Dalam hal ini, bank menjual rumah karena debitur tidak sanggup melunasi cicilan pembayaran rumah. Oleh pihak bank, rumah disita untuk melunasi sisa cicilan. Karena itulah, rumah semacam ini harganya pasti lebih murah. Hal ini disebabkan bank membutuhkan dana segar agar arus keuangan bank tidak terganggu. Dengan menjual murah rumah lelang, bank lebih cepat mendapatkan uang. Untuk memiliki rumah lelang, Anda harus jeli karena rumah jenis ini banyak diincar orang.

    3. Mencari Rumah yang Sudah Berusia Cukup Tua

    Membeli rumah berusia agak tua, tetapi masih layak huni patut menjadi opsi bagi Anda. Sebelumnya, patut dipahami bahwa rumah yang agak tua bukan berarti kuno. Sebab, terkadang rumah kuno justru berharga mahal karena bernilai sejarah dan dibangun dengan material berkualitas tinggi. Rumah tua yang dimaksud biasanya kondisinya sudah tidak mulus. Sebagai contoh, cat tembok sudah luntur, genteng bocor, dan saluran air rusak. Oleh pemiliknya, rumah ini dijual karena telah memiliki rumah lain yang lebih bagus. Kondisi tersebut justru menguntungkan karena harga jualnya pasti jauh lebih murah dibanding rumah baru. Meskipun begitu, Anda harus terlebih dahulu memperhitungkan besarnya biaya perbaikan jika benar-benar membeli rumah ini.

    4. Membeli Rumah dari Orang yang Sedang Membutuhkan Uang Cepat

    Adakalanya, orang menjual rumah karena terdesak membutuhkan uang cepat untuk suatu keperluan. Biasanya, orang ini tidak memusingkan masalah harga. Meskipun bukan jaminan karena ada faktor-faktor tertentu, lazimnya orang yang terdesak mudah diajak bernegosiasi. Sebab, bagaimanapun juga, orang tersebut membutuhkan uang dengan segera. Sebagai pihak yang memiliki uang, Anda memiliki keuntungan dalam proses tawar-menawar. Untuk menemukan orang yang membutuhkan uang cepat dengan jalan menjual rumah, Anda mungkin perlu melakukan banyak survei. Anda juga dapat bertanya kepada sahabat, rekan kerja, ataupun mencari informasi yang kian bertebaran di media massa dan juga internet.

    5. Membeli Rumah Langsung dari Pemiliknya

    Dalam membeli rumah, Anda sebaiknya bertransaksi secara langsung dengan pemiliknya. Dengan membeli rumah tanpa melalui perantara, Anda bisa menghemat biaya. Sebab, Anda benar-benar hanya membayar untuk rumah yang hendak Anda miliki. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memberi uang ekstra kepada si pemilik untuk membayar komisi bagi perantara. Tidak hanya itu, Anda juga lebih bebas menggali informasi dan menawar harga.

    Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat segera memiliki rumah berkualitas tanpa harus menguras isi kantong. Kuncinya, Anda hanya perlu menerapkan tips-tips dalam membeli rumah dijual tersebut.

    Cara termudah untuk menemukan kriteria rumah seperti diatas adalah dengan mengakses portal properti Lifull.ID. Portal ini dilengkapi dengan fitur pencarian yang lengkap. Anda dapat memperoleh informasi rumah dijual di seluruh kota di Indonesia dengan lokasi, tipe dan harga yang lengkap. Lifull Rumah juga memiliki fitur perumahan baru yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 650 developer dan merupakan portal properti yang paling banyak bekerja sama dengan developer di Indonesia.
    /ANH


    BeritaSatu.com


    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci