100 Ribu PNS Dapat Bantuan Depe Dari Bapertarum

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kendati  program sejuta rumah masih banyak menghadapi kendala di lapangan, persiapan untuk memberi kemudahan kepada konsumen terus berjalan. Salah satunya Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum – PNS) yang mengalokasikan dana miliaran untuk bantuan uang muka (depe) kepada PNS yang hendak membeli rumah bersubsidi.

Penandatanganan MOU Bapertarum dengan BTN

Penandatanganan MOU Bapertarum dengan BTN

Menurut Heroe Soelistiawan, Direktur Utama Bapertarum, setiap PNS berhak menerima bantuan tabungan perumahan (BTP) sebesar Rp4 juta per orang. BTP ini merupakan alokasi dari hasil pengembangan dana yang ada di Bapertarum dan diberikan kepada PNS sifatnya sebagai hibah sehingga tidak perlu dikembalikan.

“Kami mengalokasikan dana sebesar Rp400 miliar untuk 100 ribu PNS. Mereka mendapatkan BTP sebesar Rp4 juta untuk membeli rumah. Dana ini dapat digunakan untuk membantu kalangan PNS terkait pembayaran pajak-pajak rumah yang dibelinya sehingga bisa meringankan,” ujarnya usai penandatanganan kerja sama antara Bapertarum dengan Bank BTN untuk pembiayaan perumahan bagi kalangan PNS di Jakarta, Selasa (30/6).

Bapertarum juga akan menyosialisasikan kepada instansi pemerintah agar PNS di lingkungannya mengambil bantuan uang muka ini. PNS yang membeli rumah bersubsidi juga akan mendapatkan pembiayaan KPR dari BTN. Saat ini sekitar 300 PNS siap mengambil program bantuan ini.

Heroe mengatakan saat ini ada 1,5 juta PNS membutuhkan rumah. Karena itu ia mengimbau kepada instansi pemerintah dan Pemda yang punya lahan agar dimanfaatkan untuk lokasi perumahan PNS.  Direktur Mortgage dan Consumer Banking Bank BTN, Mansyur Nasution, menyatakan pihaknya siap mendukung semua pihak yang ingin memiliki rumah. “Program pembangunan sejuta rumah itu memang area bisnis kami, 90 persen lebih pembiayaan kami di perumahan,” katanya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me