Bagaimana Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah?

Big Banner
Kualitas udara di rumahKualitas udara di rumah

Propertinet.com – Kualitas udara di rumah perlu dijaga kebersihannya. Udara yang bersih, tentunya mendatangkan kesehatan bagi para penghuninya. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya polusi udara di rumah.

Kadang, tidak bersihnya perabot dapat mengotori udara di rumah. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas udara :

  1. Meski kerap dianggap hal yang tidak begitu penting, menyapu rumah merupakan kegiatan yang tidak boleh Anda sepelekan. Untuk membersihkan debu yang sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan kain basah.
  2. Jangan lengah untuk membersihkan binatang yang Anda pelihara di rumah. Pada musim hujan, binatang peliharaan Anda tentunya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Anda harus rutin memandikannya, dan jangan biarkan ia masuk ke dalam ruang tidur.
  3. Jangan segan untuk membuka jendela rumah. Hal ini tentunya berfungsi untuk memberi ruang bagi udara untuk masuk ke dalam rumah. Udara di dalam rumah dapat terkontaminasi oleh asap bekas masak di dapur
  4. Bagi Anda yang menggunakan pendingin ruangan atau AC, jangan lupa untuk mengganti sistem pendingin tersebut secara berkala. Akan lebih baik jika menggunakan filter elektrostatik untuk menangkap udara lebih baik.
  5. Jangan gabungkan cucian harian dengan cucian yang penuh debu seperti seprai dan gorden. Anda dapat menggunakan air panas khusus untuk mencuci kain-kain berdebu.
  6. Jaga kelembaban ruangan di rumah Anda. Ruangan yang lembab tentunya membuat jamur berkembang biak dengan lebih subur.
  7. Asap dari lilin, rokok, dan perapian dapat memperburuk kualitas udara di rumah. Jangan gunakan lilin yang mengandung bahan kimia berbahaya dan hindari merokok di rumah. Apabila Anda memiliki perapian, pilihlah kayu kering dan gunakan cerobong asap.
  8. Penyegar udara instan mengandung bahan kimia dan berpotensi menimbulkan polusi udara di rumah. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menyegarkan ruangan seperti cengkeh atau kayu manis.
  9. Jangan lupa untuk melepas sepatu atau sandal sebelum memasuki rumah. Alas kaki yang digunakan diluar rumah memiliki banyak bakteri dan kotoran yang menempel dari jalan.

 

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me