Ruang Makan Dekat Taman Lebih Menyegarkan

Big Banner
Ruang makan dekat tamanRuang makan dekat taman

Propertinet.com – Bagi sebagian rumah, ruang makan bukan sekedar area makan tapi juga ruang penghuni bercengkerama dengan anggota keluarga lain sembari makan. Karena itu pemilik bukan hanya mendesain ruang makan dan perabotnya dengan apik, tapi juga mencoba menciptakan suasana yang mendukung.

Salah satunya dengan meletakkan ruang makan dekat taman atau memiliki view langsung ke arah taman. Cara ini membuat suasana makan lebih menyenangkan dan menyegarkan, karena taman lazimnya dilengkapi pepohonan, bunga-bunga, dan sebagian juga kolam.

“Fungsi ruang makan memang akan lebih baik jika digabung dengan taman di bagian belakang rumah. Udara dan kebersihan ruang makan juga lebih terjaga dari polusi dan debu di jalan,” kata Lincoln Bong (Odeo Designhouse), arsitek jebolan National University of Singapore, yang bergiat di Jakarta. Pertukaran udara dan cahaya alami yang leluasa masuk ke ruang makan juga menguntungkan kesehatan rumah.

Privasi ruang juga lebih terbangun sehingga penghuni bisa leluasa menikmati aktivitas makan dengan pemandangan warna-warni bunga dan tanaman, serta gemericik air. Mata tidak lagi disuguhi pemandangan pasif monoton yang tidak hidup seperti tembok, perabot dan aksesoris interior.

Ada baiknya rancangan ruang makan yang menyambung dengan taman sudah dipikirkan saat hendak membangun rumah. Posisi ruang makan dan taman bisa saling berhadapan dengan atau tanpa penyekat. Dinding pembatas bisa dipilih dari material weatherproof (tahan cuaca). Yang penting pastikan rancangan ruang tidak mengganggu lalu lintas penghuni. Apalagi, biasanya ruang makan dirancang berdekatan dengan dapur. Luasan 5 x 4 m2 cukup untuk mengembangkan ruang makan yang menyatu dengan taman.

            Baca Juga!

 

Tidak masalah desain ruang makan plus taman itu baru bisa direalisasikan belakangan. Yang penting pastikan syarat-syarat kecukupan ruang seperti yang disebutkan sebelumnya sudah terpenuhi. Alokasikan area yang memungkinkan untuk dijadikan taman memiliki akses sinar matahari dan pengudaraan alami. Idealnya lokasi ruang makan yang menyatu dengan taman ada di bagian belakang agar tidak banyak merombak rumah.

Ruang Makan yang Ramah. Ruang makan yang terkoneksi dengan ruang luar memberikan double experience (pengalaman ganda) kepada penghuni: aktivitas makan dan menikmati pemandangan sedap dari taman. Kedua model interior ini merancang taman di bagian belakang rumah. Dengan layout yang efektif, ruang makan berhasil menempati posisi strategis, persis menghadap taman setelah ruang keluarga. Kehadiran taman dekat ruang makan menjadikannya area yang ramah dan mendukung aktivitas bercengkerama saat makan bersama. Untuk memperlancar cahaya dan udara alami, dinding pemisah antara ruang makan dan taman dibuat berupa pintu geser berkaca transparan dengan kusen aluminium.

Berinteraksi dengan Teras. Ruang makan di rumah yang luas lebih mudah menatanya. Selain berakses langsung dengan halaman belakang, model ruang makan ini juga berinteraksi dengan teras luar berisi satu set sofa yang berfungsi sebagai ruang keluarga. Sekat ruang lebar antara ruang makan dan teras berbentuk pintu lipat yang memberikan pandangan luar yang luas. Cahaya dan udara alami pun lebih leluasa masuk ke seluruh penjuru ruang.

Tidak Sumpek. Suasana makan yang menyenangkan, tidak sumpek dengan curahan sinar matahari tetap bisa terwujud pada rumah berukuran terbatas lewat tatanan ruang yang praktis. Ruang makan ini tidak secara langsung berhadapan dengan taman. Namun akses pintu yang menghubungkannya dengan area belakang masih bisa membuat acara makan menjadi lebih santai. Meski dihalangi tembok masif, aplikasi kaca pada dinding cukup membantu menepis kesan sempit pada ruang.

Ruang dan Taman Mungil. Dari area makan mungil yang dilengkapi kitchen set ini kita tetap bisa menikmati kesegaran dan kesejukan taman yang juga kecil. Ruang tidak mengganggu sirkulasi penghuni lewat penataan interior seperti pemilihan meja yang kecil juga. Duduk bersantap bersama keluarga di ruangan ini setiap hari bisa menjadi momen berharga sembari menyaksikan bunga bermekaran dan tanaman tumbuh rimbun di taman.

Banyak Angin dan Cahaya. Area basah ini adalah ruang tambahan yang dibangun di samping rumah. Lokasinya menguntungkan untuk menempatkan dapur, ruang makan, dan taman mungil yang menghiasi sebagian kecil sisi tembok. Dengan rancangan seperti ini ruang makan memperoleh porsi hawa dan cahaya lebih besar ketimbang diletakkan di dalam ruang. Ruang dalam rumah juga terhindar dari aktivitas masak dan bau masakan. Jangan khawatir air hujan membasahi area, karena meja kursi ditempatkan agak jauh dari taman.

 

propertinet.com