Kesalahan yang Sering Terjadi di Kamar Mandi

Big Banner
Membersihkan kamar mandiMembersihkan kamar mandi

Propertinet.com – Kamar mandi dapat menjadi salah satu tempat yang menjadi sumber kuman. Ini terjadi apabila Anda tidak dapat menjaga kebersihan di kamar mandi. Kuman-kuman itu pun dapat dengan mudah terbawa ke ruangan lain di rumah.

Selain itu, ada juga sejumlah kesalahan yang kerap terjadi kamar mandi dan membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang kerap dilakukan di kamar mandi, beserta cara-cara untuk mengatasinya.

1. Penggunaan sampo secara berlebihan

Dr Zor Draelos seorang ahli dermatologi berpendapat bahwa kulit kepala memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai hair conditioner. Namun, penggunaan terlalu banyak sampo malah membuat minyak alami tersebut luruh. Kecuali, pekerjaan atau kegiatan Anda menyebabkan rambut menjadi kotor atau mengalami kelebihan minyak di kulit kepala, maka Anda disarankan menggunakan sampo sesuai kebutuhan.

Solusi: Jangan cuci rambut setiap hari bila rambut Anda tidak kotor atau berminyak. Waktu yang baik untuk mencuci rambut adalah 2-3 kali dalam seminggu.

2. Satu spon untuk semua bagian kamar mandi

Mungkin kebanyakan dari Anda menggunakan satu spons untuk membersihkan bagian-bagian di kamar mandi seperti shower, cermin, toilet dan bathub. Secara kasat mata bagian tersebut memang terlihat tidak kotor, hanya saja setiap tempat memiliki kuman. Penggunaan satu spon dapat memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lainnya.

Solusi: Gunakan beberapa spon untuk membersihkan beberapa bagian di kamar mandi. Setelah menggunakan spon, pastikan Anda membersihkannya dengan benar. Sabun yang tersisa pada spon dapat mengembang biakan kuman.

3. Penggunaan tisu kering

Penggunaan tisu kering setelah buang air seharusnya dapat dihindari. Cara tersebut dapat menyebabkan iritasi dan tidak nyaman. Untuk membersihkan diri pasca buang air, sebaiknya Anda menyiram dengan air atau setidaknya menggunakan tisu basah.

Solusi: Gunakanlah fasilitas tempat air atau penyemprot air yang biasa terdapat pada set toilet. Sediakan selalu tisu basah, apabila sewaktu-waktu ingin buang air di tempat yang tidak terdapat air untuk bersih-bersih.

4. Pemakaian zat kimia

Dewasa ini banyak produk-produk pembersih yang menawarkan kemudahan membersihkan kamar mandi. Produk yang ditawarkan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan kuman-kuman penyakit. Sesungguhnya, terdapat beberapa produk pembersih yang justru berbahaya bagi penggunanya.

Solusi: Hindari penggunaan produk berzat kimia. Anda dapat menggunakan pembersih buatan sendiri dengan bahan alami. Misalnya dengan mencampur anggur yang dibelah dua dengan garam, campuran ini dapat digunakan untuk membersihkan bak air.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me