Cegah Rayap Gerogoti Furnitur Rumah Anda

Furniture kayuFurniture kayu

Propertinet.com – Kebanyakan furnitur di rumah terbuat dari bahan kayu. Semakin lama furnitur itu menjadi lapuk dan retak. Selain karena faktor usia, rayap merupakan jenis binatang yang dapat mempercepat lapuknya barang-barang berbahan kayu. Rayap meleburkan kayu menjadi serbuk-serbuk kecil yang mengakibatkan kerapuhan.

Dalam hitungan bulan, rayap yang hidup secara berkelompok dapat merusak barang-barang di rumah Anda. Biasanya, kehadiran rayap baru disadari apabila serbuk-serbuk kayu sudah terlihat disekitar furnitur di rumah.

Untuk itu, sebelum barang-barang berbahan kayu cepat rusak karena adanya rayap, ada baiknya bila Anda melakukan pencegahan dengan 3 langkah berikut:

Jaga kadar kelembaban rumah/furnitur

Rayap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Karena itu, tempat yang lembab digemari oleh rayap. Pastikan rumah dan furnitur Anda selalu dalam keadaan kering.

Tutup setiap celah/lubang retakan

Perhatikan setiap barang-barang Anda. Apabila terdapat celah/ lubang retakan, segera tutup ataupun ditambal. Jangan biarkan rayap hinggap di celah itu, karena ia akan menyerap intisari dari furnitur dengan cepat untuk perkembangbiakannya.

Pasang pelapis

Anda perlu melapisi beberapa bagian rumah yang berbatasan dengan sisi luar, seperti pintu, jendela, dan saluran air, bisa dengan kain ataupun plastik (sesuai dengan kebutuhan). Hal ini bertujuan agar rayap tidak mudah untuk masuk ke dalam rumah.

propertinet.com