Perkantoran Strata Title Belum Ada Payung Hukumnya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan perkantoran strata title (dijual) yang semakin berkembang ternyata belum ada payung hukumnya. Undang-undang No. 10 Tahun 2011 tentang rumah susun (rusun) hanya mengatur tentang hunian vertikal, apartemen dan rumah susun. Undang-undang tersebut sama sekali tidak mengatur tentang perkantoran strata title.

Gedung Souvereign

Gedung Souvereign

“Jadi untuk unit-unit office atau perkantoran itu belum dimasukan ke dalam undang-undang, makanya sertipikatnya tidak akan bisa keluar,” ujarnya kepada housing-estate.com di sela-sela rapat mengenai perumahan Jakarta, Kamis (2/7).

Untuk itu menurut menurut M. Sanusi, anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, perlu dilakukan judicial review atas UU No.10/2011. Selama ini Pemprov DKI Jakarta sudah banyak memberikan izin pembangunan kawasan superblok termasuk pembangunan gedung perkantoran strata title dengan dasar undang-undang itu. Hal ini bisa membuat pemprov kehilangan kewibawaan dan digugat oleh pengembang maupun masyarakat.

Sanusi mengatakan, alur perizinan untuk mengembangkan suatu kawasan sebagaimana diatur di dalam rencana detil tata ruang (RDTR) harus menyertakan pertelaan sebagai dasar keluarnya sertifikat laik fungsi (SLF). Juga pertelaan untuk mengatur bangunan pribadi dengan bangunan bersama. SLF diterbitkan setelah ada rekomendasi dari Badan Pertanahan yang kecil kemungkinannya untuk mengeluarkan rekomendasi.

“Jadi ujungnya Pemprov tidak bisa tandatangan karena memang tidak bisa untuk menerbitkan sertipikat non hunian. Contoh kasus Gandaria City, dia sudah serah terima sejak tahun 2012, Kalibata City juga, itu sertipikatnya sampai sekarang tidak bisa keluar. Ini masalah besar yang bisa jadi bom waktu,” imbuhnya.

Dengan tidak adanya sertipikat unit perkantoran Pemprov juga kehilangan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak yang seharusnya bisa dibayarkan. Sertipikat tidak keluar artinya tidak ada pembayaran PBB.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me