Pemilu Pengaruhi Pasar Properti

Big Banner

Jakarta–General Manager Rumah123.com, Andy Roberts mengatakan dari hasil survei pihaknya, sebanyak 51 persen responden menilai adanya Pemilihan Umum akan berpengaruh terhadap pasar properti di Indonesia.

Rumah123.com melakukan survei terkait bisnis properti di Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada tanggal 3 Juni- 2 Juli 2013. Survei dilakukan di empat negara asia yakni Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Hongkong. Jumlah responden di Indonesia mencapai 10.179 orang.

Praktisi Properti Media mengatakan, Ferdinand Lamak, pasar properti Indonesia sudah terbiasa terpengaruh dengan dinamika politik seputar pemilu. Jadi, kata dia, kalaupun ada pengaruhnya, justru dengan tingkat peredaran uang yng makin banyak di seputaran pemilu. “Pasar mestinya mendapat pengaruh positif,” kata dia, di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2013.

Pada tahun 2009, Ferdinand melanjutkan, industri properti di Indonesia tumbuh meskipun masih ada sisa-sisa efek dari subprime mortgage di USA yg membuat pada 2008. Tapi, kata dia, pada saat itu ada tight money policy dari perbankan di Indonesia untuk mencegah kredit macet.

Selain itu, proses transisi kepemimpinan pada tahun 2009 berlangsung dengan smooth. “Keamanan relatif bagus juga.”

ERWAN HERMAWAN

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me