China Borong Rumah Mewah di Amerika

Big Banner
JAKARTA – Pembeli properti Amerika Serikat (AS) khususnya rumah mewah (real estate) dari pembeli asing semakin meningkat. Tahun lalu, tercatat hingga USD100 miliar.

Seperti dilansir CNBC, Selasa (30/6/2015), pada periode antara April 2014 – April 2015 bahkan meningkat menjadi USD104 miliar. Nilai tersebut naik sekira 8 persen dari total penjualan properti di AS yang mencapai 209 ribu unit per tahun.

Negara yang paling besar membeli properti di AS adalah China, Hong Kong maupun Taiwan. Total pembelian rumah di AS dari masyarakat China mencapai USD28,6 miliar.

Sementara posisi kedua ditempati pembeli dari Kanada sebesar USD11,2 miliar. Kemudian diikuti India dengan total USD 7,9 miliar. Sisanya pembeli asing yang tersebar dari negara di seluruh dunia.

Kebanyakan para pembeli asing tersebut menyukai rumah di wilayah Los Angeles, San Francisco, Seattle, Florida, Arizona, California, Texas dan New York. Pembeli yang berasal dari Eropa dan Kanada cenderung tertarik membeli di wilayah Florida dan Arizona, sedangkan pembeli Asia cenderung di California dan Texas.

Para pembeli asing itu memang fokus untuk membeli rumah dengan kualitas high-end. Rata-rata mereka membeli rumah seharga USD499,6 ribu. Nilai tersebut merupakan dua kali lipat dari pembelian rata-rata di negaranya masing-masing, yakni sebesar USD255,6 ribu.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me