Warna Cat Biru, Hijau, dan Kuning, Cocok Sambut Lebaran

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang menganggap perlu suasana baru untuk menyambutnya. Setelah menyucikan diri dengan berpuasa selama satu bulan penuh, tentu Lebaran ingin dirayakan secara berbeda.

Salah satu tradisi populer saat Lebaran setelah salat Ied adalah berkunjung dan bersilaturahim ke rumah-rumah saudara, dan tetangga.

Untuk menciptakan suasana baru, Anda bisa memulainya dengan mengganti cat tembok rumah. Berikut beberapa warna yang telah dirangkum desainer interior dalam menyambut Lebaran.

“Saya pilihkan tiga warna favorit yang sesuai untuk suasana Lebaran, yaitu biru, hijau, dan kuning,” ujar desainer interior Ayu Sawitri Joddy, di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Ayu menjelaskan, dalam penerapannya, warna biru identik dengan suasana yang kalem dan tenteram. Hal ini, sangat berhubungan dengan Hari Raya.

Menurut survei, tutur Ayu, biru juga sering dikaitkan sebagai warna Islam modern. Selain itu, biru dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Warna ini sangat tepat diaplikasikan dengan ruang keluarga sehingga menimbulkan efek relaksasi.

Adapun untuk warna hijau, lanjut dia, memiliki efek yang hampir sama dengan biru. Hijau identik dengan suasana relaks dan santai. Warna ini cocok diaplikasikan di ruang makan dan ruang tidur.

Sedangkan kuning, tambah Ayu, mencerminkan kecerahan dan terlahir kembali. Warna ini baik diaplikasikan di kamar mandi, dapur, atau ruang-ruang yang kecil dan sempit.

Meski begitu, Ayu mengingatkan, kuning juga memberikan efek samping atau negatif bila pemakaiannya tidak sesuai. Efek tersebut adalah memicu perselisihan, bayi yang lebih mudah menangis, dan efek benturan lainnya.

Namun, Ayu menjelaskan, hal ini bukan berarti kuning tidak bisa diaplikasikan sebagai pewarna dinding atau penghias ruangan. Caranya adalah dengan menjaga intensitas warna yang rendah, misalnya kuning pastel.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me