Minat Investasi Properti Kalangan Muda Kian Meningkat

Big Banner

Jakarta – Riset sentimen pasar properti yang diadakan situs Rumah123.com menunjukkan kalangan muda Indonesia memiliki minat yang tinggi untuk membeli properti berupa rumah. General Manager Rumah123.com, Andy Roberts mengatakan, dari 67 persen responden berusia 20-35 tahun, 60 persen di antaranya berminat mencari dan membeli rumah.

Andy mengatakan, saat ini telah ada kesadaran di kalangan muda untuk melirik investasi melalui properti. Selain sebagai tempat tinggal, responden berminat membeli rumah untuk dijual di kemudian hari.

Saat ini, rumah yang berlokasi strategis dan memiliki kemudahan akses terhadap fasilitas publik tengah dilirik calon pembeli properti. Selain itu, faktor harga juga tetap menjadi pertimbangan penting bagi mereka. “Sekarang ekonomi lebih terjangkau, tidak lebih dari Rp 200 juta untuk memiliki sebuah rumah,” kata Andy saat mempresentasikan hasil riset sentimen pasar properti di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2013.

Pada riset itu, diketahui pula kalangan pemuda itu memang berminat membeli rumah dalam waktu dekat. Para responden itu berencana membeli rumah pada jangka waktu 6 hingga 12 bulan sejak dilakukan riset. Selain itu, bagi 68 persen responden, membeli rumah baru lebih menjadi prioritas ketimbang bekas, yang hanya disetujui 7 persen responden. “Mereka menilai investasi rumah baru lebih bagus dibanding bekas,” ujar Andy.

Menurut Andy, kemunculan perumahan dengan harga terjangkau menjadi salah satu penyebab tingginya permintaan properti di kalangan muda. Dia mencontohkan, di kawasan sekitar Jakarta seperti Bogor, banyak dibangun properti rumah dengan harga terjangkau. Di tempat seperti itulah, kalangan muda, terutama pasangan baru, berusaha mencari properti.

Rumah123.com menggelar riset pada 3 Juni hingga 2 Juli lalu pada 10.179 responden. Selain di Indonesia, riset itu digelar di Hong Kong, Malaysia, dan Singapura. Riset itu menunjukkan kecenderungan pasar properti Indonesia yang tetap naik, meski diberlakukan regulasi baru, misalnya besaran kredit pemilikan rumah.

DIAN KURNIATI

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me