Ciputra Belum Mencari Lokasi Baru di Sekitar Tol Cipali

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan jalan tol punya dampak positif terhadap perkembangan suatu kawasan. Wilayah-wilayah di sekitarnya menjadi lebih terbuka dan punya akses lebih baik. Tapi keberadaan jalan bebas hambatan ini tidak otomatis mendongkrak nilai kawasan dan melambungkan harga properti di sekitarnya.

Tol Cikopo Palimanan

Tol Cikopo Palimanan

“Jalan tol memang bisa mengangkat nilai suatu kawasan, tapi kalau mau mengembangkan sebuah proyek tidak bisa hanya mengandalkan faktor itu. Banyak faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan proyek properti selain jalan tol,” ujar Nanik J. Santoso, Direktur Ciputra Group, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (8/7).

Menurut Ninik, selain infrastruktur atau jalan tol pengembang yang hendak membuka proyek harus mempertimbangkan jumlah penduduk (populasi) dan daya beli masyarakat. Daerah pengembangan proyek  harus punya economic base untuk mendorong pertumbuhan kawasan. “Kalau populasinya masih sedikit siapa yang mau beli? Kalau  economic growth-nya rendah siapa yang mampu beli? Jadi nggak bisa hanya karena tol,” imbuhnya.

Karena itu ia tidak percaya pengoperasian jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) akan membuat kawasan sekitarnya langsung melambung. Ia menyebut pengembang yang berlomba membangun proyek baru di sekitar tol Cipali hanya latah dan reaktif. Karena itu Ciputra Group tidak akan mencari lokasi baru di sekitar jalan tol itu. Ciputra akan berkonsentrasi mengembangkan proyek CitraLand Cirebon yang dikembangkan sebelum adanya jalan tol ini. Ninik optimis CitraLand Cirebon akan berkembang didorong lokasi yang strategis, kemampuan daya beli masyarakat, selain akses yang lebih baik melalui tol Cipali.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me