Kepemilikan Properti Asing Ternyata Tidak Mendesak

Big Banner

Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy masih optimis kepemilikan properti asing akan banyak memberi dampak positif kepada negara. Ketika ditemui tim Rumahku.com, ia menjelaskan bahwa selain untuk meningkatkan pajak, kepemillikan properti asing juga akan menguntungkan rakyat. Namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang mendesak.  

“Kepemilikan asing akan meningkatkan investor agar mau mengembangkan bisnisnya ke Indonesia. Apalagi sebentar lagi akan ada MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), dengan adanya aset pribadi di sini, mereka (asing) nggak bakal kabur dengan mudah jika perusahaannya mengalami masalah,” tutur Eddy. 

Sementara itu Suryadi Sasmitha, Tim Optimalisasi Penerimaan Pajak Kementerian Keuangan juga menambahkan bahwa Indonesia tidak perlu takut akan bubble properti. Menurutnya, semua ada pasarnya masing-masing, baik untuk properti asing maupun segmen domestik. 

“Pasar itu ada demand and supply, ketika asing butuh properti di atas harga Rp5 miliar, kita sediain itu. Indonesia ingin yang di bawah Rp5 miliar, kita berikan itu. Yang penting, jangan kasih asing yang murah-murah,” tegas Suryadi. 

Di sisi lain, Arief Rahardjo, Head of Research & Advisory PT Cushman & Wakefield Indonesia mengatakan, melemahnya sektor ekonomi justru membuat warga asing banyak yang pindah hunian, dari apartemen mewah ke apartemen dengan harga sewa yang lebih murah meski ukurannya lebih kecil.  

Akibatnya harga hunian apartemen sewa pada kuartal dua tahun 2015 merosot sekitar 2,7 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Hal itu juga terjadi pada pelayanan apartemen, yang dinilai drop ke angka 71,4 persen (menurun 9,4 persen). 

“Tidak urgent sama sekali melegalisasi kepemilikan properti untuk asing, karena tak ada benefit untuk negara,” ujar Arief.  

Menurutnya, jika pemerintah ingin mendapat pajak ekstra dari asing, pemerintah hanya perlu merevisi perihal pajak pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1996, tanpa harus mengubah status dari hak pakai jadi hak millik. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me