Program Sejuta Rumah Dorong Pertumbuhan Kredit BTN

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program pembangunan satu juta rumah berdampak positif terhadap bank penyalur KPR bersubsidi.  Salah satunya Bank BTN yang optimis program ini akan meningkatkan pertumbuhan kreditnya lebih besar di atas rata-rata pertumbuhan industri. Ini terlihat dari penyaluran kredit periode Januari – Mei 2015 yang mengalami pertumbuhan sebesar 18,1 persen dari periode sama tahun sebelumnya. Hingga Mei 2015 BTN sudah menyalurkan kredit sebesar Rp123,3 triliun.

perumahan murah

Ilustrasi

Melihat tren itu Direktur Utama Bank BTN, Maryono, optimis penyaluran kredit Bank BTN akan terus bertumbuh hingga semester kedua tahun 2015. “Tapi situasi perekonomian yang masih melemah membuat kami harus menurunkan target pertumbuhan sebesar 1 persen dan ini sudah kami ajukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujarnya saat buka puasa bersama dengan media di Jakarta, Rabu (8/7).

Berbeda dengan rumah menengah dan menengah atas, perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak terpengaruh  melemahnya sektor property. Kendati demikian tetap harus diperhatikan dampak dari pelemahan perekonomian yang diprediksi  akan menurunkan kinerja industri perbankan hingga 2 persen.

“Kami menargetkan pertumbuhan antara 18-19 persen untuk tahun ini. Tapi melihat situasi ekonomi kami revisi 1 persen menjadi 17-18 persen. Namun begitu kami meyakini pertumbuhan kami tetap akan di atas rata-rata pertumbuhan industri. Bank lain umumnya menurunkan target hingga 2 persen,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me