Jepang Akan Bangun Kereta Shinkansen, Jakarta – Bandung Hanya 36 Menit

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jepang kembali menyampaikan ketertarikannya untuk membangun transportasi kereta api cepat Shinkansen dengan Jakarta-Bandung. Menurut utusan khusus Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi, biaya pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung diperkirakan sebesar Rp60 triliun di luar biaya pembebasan lahan.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kami menawarkan pola pembiayaan 75 persen dari pemerintah Jepang berupa bantuan dana murah dengan bunga 0,1 persen per tahun dengan masa pengembalian 40 tahun. Kalau kereta Shinkan

sen ini sudah jadi, Jakarta-Bandung hanya ditempuh dalam waktu 36 menit,” ujar Izumi usai bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Jumat (10/7).

Jepang berjanji dalam proyek ini 50 persen perkerjaan pembangunannya akan dilaksanakan oleh perusahaan lokal. Selain itu pengoperasian kereta ini akan dilakukan oleh Indonesia.  Menurut  Izumi pembangunan kereta api cepat ini membutuhkan waktu sekitar empat tahun. “Apabila proyek ini bisa dikerjakan tahun 2016, pada tahun 2021 sudah bisa dioperasikan,” katanya.

Kalau sudah beroperasi harga tiketnya sekitar Rp200 ribu.  Basuki menyambut baik proposal yang ditawarkan pemerintah Jepang mengingat negara ini sudah punya pengalaman mengoperasikan kereta Shinkansen hampir 50 tahun. Untuk itu Basuki berharap Izumi bisa meyakinkan pemerintah Indonesia ketika memaparkan proyek ini di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dengan memberi porsi 50 persen pekerjaan kepada perusahaan lokal kita akan mendapatkan transfer  teknologi sehingga SDM kita di bidang konstruksi dan teknologi perkeretaapian juga meningkat. Saya juga menginginkan unit keretanya juga bisa dirakit di sini.

housing-estate.com