Eddy Ganefo : Hanya Menguntungkan Kalangan Tertentu

Big Banner
Eddy Ganefo, Ketua Umum Apersi (rumah123.com)

Eddy Ganefo, Ketua Umum Apersi (rumah123.com)

PROPERTI-Pro dan kontra terhadap aturan kepemilikan properti oleh warga negara asing (WNA) terus bergulir. Jika sebagian pengembang banyak yang mendukung diberlakukannya aturan tersebut, namun bagi pengembang yang tergabung dalam Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), aturan tersebut hanya menguntungkan orang-orang tertentu saja.

Ketua Umum DPP Apersi Eddy Ganefo menegaskan, jika orang asing diperbolehkan memiliki properti di Indonesia, maka hanya akan menguntungkan pihak-pihak tertentu. Dia mengganggap, para pengembang yang setuju keran properti untuk WNA dibuka ini beralasan, banyak pembelian rumah dengan atas nama orang lain berkewarganegaraan Indonesia. Namun, mereka tidak bisa menunjukkan data pasti berapa pembelian yang diatasnamakan warga negara Indonesia (WNI) ini.

“Jika mereka memiliki data tersebut, maka sama saja mereka melakukan pelanggaran hukum. Pembelian properti nominee, berdasarkan perkawinan campuran antara WNA dan WNI, harta merupakan milik bersama. Dengan demikian, meski atas nama istri WNI, asing tetap memiliki properti di Indonesia. Padahal, menurut Undang-undang, bumi, air dan udara hanya boleh dimiliki langsung oleh WNI,”ujar Eddy saat buka bersama wartawan dan santunan anak yatim, Jumat 10 Juli 2015.

Menurut Eddy, properti yang dibeli asing belum tentu akan mendatangkan devisa karena belum terbukti. Ia juga tidak menjamin bahwa nantinya orang asing akan membeli properti di Indonesia. Diakui memang, harga properti di Indonesia lebih murah. Namun, itu sudah overheating, khususnya hunian mewah.

“Justru saat orang asing diberi keleluasaan dalam memiliki properti, maka harga properti dan lahan akan naik lagi. Ketika rumah murah sudah tidak mungkin lagi dibangun karena harga lahan selangit, maka yang terkena dampaknya adalah rakyat dan pengembang kecil,” tegas Eddy Ganefo.

propertynbank.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me