Desain Bangunan Runcing Berterpal Alumunium

Big Banner

Sebuah ruang tambahan berbentuk gerigi kaca membuat World Maritime University, Malmo, Swedia kian eksotik. Ruang tambahan seluas 6.000 meter persegi (m2) itu dirancang dan dikerjakan oleh perusahaan Australia, Terroir dan perusahaan arsitek Denmark, Kim Utzon Arkitekter.

Kedua perusahaan itu menggarap proyek setelah memenangi kompetisi internasional pada 2011. Kompetisi yang berlangsung sebanyak tiga tahap itu akhirnya melahirkan konsep fasad bergerigi kaca dan alumunium.

Proyek renovasi pelabuhan tua ini menghasilkan ruang pengajaran dan kantor untuk lembaga yang berfokus pada pendidikan dan penelitian kelautan.

Menurut arsitek, bangunan itu dipahami sebagai ruang “engsel” yang menandai titik transisi di jalan yang membentang dari kota tua Malmo ke daerah pelabuhan di mana bangunan tersebut terletak. Bangunan utama dibangun pada 1910 sebagai kantor utama untuk administrasi pelabuhan Malmö.

“Bentuk proyek muncul dari daya tarik dengan atap Tornhuset asli, yang sekilas terlihat konvensional, tetapi merupakan drama resmi tak terduga yang berbasis di logika atap pelana sederhana,” kata arsitek, seperti dikutip worldarcitecturenews, baru-baru ini.

Dia mengatakan, pihaknya mengadopsi strategi yang sama, yakni meletakkan serangkaian keberpihakan formal dengan bangunan yang ada. Lalu, rancangan diurai dalam menanggapi kebutuhan saat ini. Selain itu, juga diciptakan konsep agar penetrasi cahaya bisa mencapai ke ruang dalam.

Bahan cladding terbuat dari terpal aluminium, yakni sebuah referensi gaya arsitektur Swedia dan Australia. Warna terpal atap berkaitan dengan atap Tornhuset asli yang sebagian besar masih utuh.

Investor Daily

Edo Rusyanto/FER

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me