Promosi Rumah Tanpa “DP” Efektif Dongkrak Penjualan

Big Banner

BOGOR, KOMPAS.com – Sejak promosi rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen yang berlaku pada 1 Mei 2015 untuk seluruh perumahan komersial yang dikembangkan, tingkat penjualan Elang Group mengalami lonjakan signifikan. 

CEO Elang Group, Elang Gumilang, mengatakan promosi DP nol persen sangat membantu meningkatkan penjualan. 

“Terbukti kami merupakan kontributor tertinggi secara omset di PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk sebagai mitra bank penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk wilayah Bogor, Depok, dan Tangerang,” ungkap Elang kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2015). 

Catatan penjualan Taman Griya Asri Cilebut, Kabupaten Bogor, misalnya. Menurut Marketing Manager Elang Group, Azhary Husni, terjual 50 unit hanya dalam satu hari. Harga per unit dibanderol Rp 200 juta hingga Rp 300 juta untuk tipe 36/72.

Demikian halnya dengan Nuansa Alam Asri yang juga berlokasi di Cilebut. Saat Kompas.com melakukan survei ke perumahan ini pada Kamis (23/7/2015), rumah yang belum terserap pasar tersisa dua unit. Itu pun karena ajuan KPR calon pembeli ditolak BTN.

Promosi DP ringan juga mengatrol penjualan perumahan Metland Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, yang dibangun PT Metropolitan Land Tbk. Rumah dengan uang muka hanya Rp 17,5 juta tipe Lotus seluas 36/90 terserap pasar dan menyisakan dua unit.

Cerita serupa terjadi di perumahan Citra Indah, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. PT Ciputra Surya Tbk selaku pengembangnya mendulang penjualan positif. Seluruh rumah dengan ketentuan DP lima persen yakni klaster Catelya, dan Chryssant, habis terjual. Sekadar informasi, dalam satu klaster ditawarkan sebanyak 200 unit hingga 300 unit.

“Karena itu, kami membuka klaster baru yakni Lantana dengan varian tipe mulai 22/60 hingga 48/120,” ujar Sales Excecutive Citra Indah, Fienso.

properti.kompas.com