Pemerintah Percepat Pembangunan Ruas Jalan Trans-Kalimantan

Big Banner

Pemerintah akan mempercepat pembangunan ruas jalan Trans-Kalimantan, termasuk perbatasan Indonesia-Malaysia. Seperti diketahui, Trans-Kalimantan akan menghubungkan lima provinsi yang ada di Kalimantan.  

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), total ruas jalan Trans-Kalimantan adalah 7.619 kilometer. Adapun rinciannya, yakni 1.204 kilometer di Kalimantan Selatan, 2.002 kilometer di Kalimantan Tengah, 1.710 kilometer di Kalimantan Timur, 585 kilometer di Kalimantan Utara dan 2.117 kilometer di Kalimantan Barat.  

Menurut Velix Wanggai, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PU-Pera, pemerintah akan menyiapkan dana hingga Rp15,1 triliun untuk membiayai pembangunan infrastruktur tersebut. 

“Jumlah itu untuk meningkatkan dan membangun jalan dan jembatan, pengembangan kawasan permukiman, air minum dan sanitasi, irigasi, dan infrastruktur permukiman,” ujarnya, seperti informasi yang diterima Rumahku.com. 

Dengan mengalokasikan dana yang sangat besar tersebut, pemerintah berharap perekonomian di Kalimantan dapat bertumbuh dan mengurangi perbedaan sosial dan ekonomi antar provinsi di Kalimantan.  

Selain itu, pembangunan infrastruktur di Kalimantan akan dilakukan dengan pendekatan kewilayahan yang tidak disekati oleh batasan administrasi provinsi dan kabupaten/kota. Pendekatan tersebut dikembangkan pemerintah sesuai dengan amanat RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015-2019 yang akan membangun 3 Kawasan Ekonomi Khusus, 4 Kawasan Industri dan pusat-pusat pertumbuhan baru yang bertujuan untuk menggerakkan ekonomi di daerah pinggiran di Kalimantan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me