Apartemen di Semarang Relatif Murah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Seperti kota-kota besar lainnya di Semarang, Jawa Tengah, pembangunan apartemen mulai semarak. Kendati belum seramai Bandung dan Surabaya di Ibukota Jawa Tengah itu setidaknya ada enam apartemen tengah dipasarkan. Hunian vertikal ini menjadi alternatif rumah menengah yang lokasinya mulai menjauh dari pusat kota dan memerlukan waktu lebih lama ke tempat kerja.

Sentraland Semarang

Sentraland Semarang

Dibanding di kota besar lain, harga apartemen di Semarang relatif lebih murah. Rata-rata dibandrol Rp20-25 juta/m2, semuanya di pusat kota Semarang, kecuali Paltrow City di Jl Prof Sudharto, Tembalang, tidak jauh dari kampus Universitas Diponegoro. Selain Paltrow City, lima lainnya adalah Warhol Residences, The Pinnacle, Marquis the Lavayette, Candiland Apartment,  dan Sentraland. Jumlah hunian dari enam apartemen tersebut sebanyak 3.138 unit. Unit yang ditawarkan tipe studio hingga 2 kamar, kecuali Marquis the Lavayette yang memasarkan tipe 3 kamar (63,8 m2).

Sentraland merupakan proyek superblock yang dikembangkan PT Propernas Griya Utama (Perumnas) di Jl Ki Mangunsarkoro. Apartemen sebanyak 354 unit ini digabung dengan kondotel, perkantoran, dan ritel. Tipe 1 kamar (32 m2) dibandrol Rp570 juta. Pembangunannya sudah hamper mencapai 50 persen. Lantai podium sudah selesai terdiri dari lima lantai mall (12.000 m2) dan dua lantai office (2.700 m2). “Apartemennya dari 354 unit sudah terjual 70 persen,” kata  Aditya Wisnu Wardhana, Project Director PT Propenas Griya Utama, pengembang Sentraland.

Paltrow City dan Candiland termasuk yang paling terjangkau. Keduanya memasarkan tipe studio seharga Rp300 jutaan. Paltrow yang memasarkan 444 unit (tower Bellini) diklaim staf pemasarannya sudah terjual sebanyak 300 unit. Sedangkan Candiland di Jl Diponegoro terdiri atas tiga menara, satu di antaranya untuk hotel dikelola Ibis Style. Ada tiga tipe yang dipasarkan, studio (21 m2), 1 kamar (28,2 m2), 2 kamar (42,3 m2) seharga Rp300 – 600 jutaan.

Empat dari tujuh apartemen tersebut lokasinya di pusat kota tidak jauh dari kawasan simpang lima Semarang. Yaitu Sentraland, Marquis De Lafayette, Warhol Residences (W/R), dan The Pinnacle. Marquis De Lafayette yang dikembangkan Pollux Properties dilengkapi mal berkonsep lifestyle center.

housing-estate.com