Bangunan Berstruktur Kayu Tertinggi di Dunia

Big Banner

London – Proyek bangunan dengan struktur cross laminated (CLT) kayu dibangun di London, Inggris. Konsep yang menghabiskan lebih dari 3.500 meter kubik (m3) kayu tersebut diprediksi menjadi yang terbesar di dunia dalam penggunaan bahan kayu sebagai struktur bangunan.

Laman worldacrhitecturenews menyebutkan, struktur perumahan dalam proyek ini memecahkan rekor tertinggi dari proyek serupa di dunia. Proyek ini memiliki 121 unit bangunan sehingga menjadi proyek CLT terbesar secara global.

“Proyek ini akan menyediakan kapasitas hunian yang signifikan dengan 121 unit lebih 12.500 meter persegi dan lebih dari 3.460 meter persegi ruang komersial,” tulis laman tersebut.

Menurut arsitek CLT Rambol, Waugh Thistleton, aspek yang paling menarik dari proyek ini adalah tipisnya ukuran struktur dan minimnya penggunaan beton. Secara total, kata ahli CLT Ramboll ini, bangunan akan menghemat 2.400 ton karbon dibandingkan dengan blok serupa yang terbuat dari kerangka beton.

Dia menyebutkan, dengan menggunakan konstruksi CLT, karbon yang terkandung adalah 2,5 kali lebih kecil dari kerangka beton yang setara.

“Kayu karbon menyerap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer yang juga dikenal sebagai ‘karbon diasingkan’, struktur ini dapat dianggap sebagai konsep ‘karbon negatif’,” katanya.

Edo Rusyanto/FER

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me