Properti Mewah di Hong Kong Tetap Tumbuh

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Di tengah melemahnya perekonomian global, sektor properti di banyak negara termasuk Indonesia mengalami pelambatan. Tapi berbeda dengan kebanyakan negara,  sektor properti di Hong Kong justru mengalami pertumbuhan.

Mont Vert II

Ilustrasi : Apartemen di Hong Kong

Kendati pertumbuhannya tidak tinggi, menurut laporan Colliers International, sepanjang tahun 2014 hingga kuartal II tahun 2015, segmen properti mewah di Hong Kong tumbuh stabil. Tahun 2014 naik 2 persen, sedangkan kuartal pertama hingga dua 2015 tumbuh 1 persen. “Harga sewa hunian mewah juga mengalami peningkatan hingga 3,1 persen pada kuartal kedua 2015 dibandingkan periode yang sama sebelumnya,” dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com,  di Jakarta, Jumat (24/7).

Harga sewa tersebut sedikit menurun dibanding pertumbuhan kuartal sebelumnya yang naik sebesar 4,3 persen. Pasar apartemen dengan biaya sewa per bulan di bawah 60 ribu dollar Hong Kong tetap menjadi yang paling aktif. Melonjaknya tarif sewa ini mendorong meningkatnya harga jual unit apartemen kendati pemerintah berusaha mengendalikannya. Kenaikan harga juga terjadi pada apartemen tipe kecil atau segmen lebih rendah. Pemerintah tidak dapat mengerem dengan menaikkan suku bunga karena hal ini juga akan memicu harga rumah untuk masyarakat kelas bawah.

Colliers menyebutkan untuk menyehatkan industri real estat pasar sekunder harus didorong agar mengimbangi pertumbuhan pasar primer. Tapi upaya ini tidak cukup efektif untuk menekan melonjaknya harga sewa. Colliers memprediksi tahun 2015 harga sewa properti di Hong Kong akan naik 10 persen, sementara harga properti melonjak 6 persen.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me