Akhirnya, Eks Bandara Kemayoran Akan Jadi Perkampungan Rusun

Big Banner

Pekan lalu, sebelum liburan lebaran tiba kabar mengenai akan dibangunnya rumah susun di kawasan eks Bandara Kemayoran masih menjadi tanda tanya. Rumah123.com dalam pertemuan dengan pihak Pemprov DKI Jakarta sempat mendiskusikan hal itu. Namun, menurut Deputi Gubernur bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, Prof. Dr. Soetanto Soehoedo, M.Eng, pihak Pemprov masih terus berkoordinasi dengan Sekretariat Negara karena lahan di Kemayoran adalah milik negara yang berada di bawah Setneg.

Kepastian akan hal ini baru disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kemarin (22/7/2015) usai dipanggil Wakil Presiden (Waspres) Jusuf Kalla (JK) ke kantor wapres. “Jadi Wapres sudah putuskan, bahwa tanah di Kemayoran itu tidak lagi untuk membangun apartemen atau bangunan komersial yang mewah. Jadi tugas kami perubahan peruntukkan dari yang komersial diubah menjadi perumahan untuk rusunawa,” kata Ahok.

Ahok dalam rapat dengan wapres, turut hadir sejumlah menteri antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan. Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro‎.

Ahok bilang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan beberapa blok yang ada di Kemayoran sebagai rumah susun dan ia berharap dengan adanya rusun ini, kawasan kumuh di Jakarta akan berkurang.  “Dengan adanya rusun, maka kawasan-kawasan kumuh, akan kami pindahkan ke rusun. Nah kawasan kumuh yang dibongkar akan dibangun rusun lagi, jadi Pak Wapres ingin tidak ada gap,” ucapnya.

Sementara itu, dari aspek legalitas, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengatakan, pemerintah akan membuat Peraturan Presiden (Perpres). “Itu kan suatu kawasan yang mau dikembalikan fungsinya sebagai lahan negara yang untuk perumahan khususnya untuk rumah susun,” kata Ferry.

Proyek rusun yang tepatnya akan dibangun di atas eks lapangan golf itu akan dikerjakan oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) yang nota bene adalah milik Pemprov DKI Jakarta (BUMD). Diperkirakan, akan hadir pasokan ribuan unit rumah susun yang siap menampung warga miskin kota Jakarta. (Foto: Istimewa)

rumah123.com