Simanungkalit Pertanyakan Komitmen REI Dukung Program Satu Juta Rumah

Big Banner

Pakar properti nasional, Panangian Simanungkalit mengatakan program Satu Juta Rumah yang saat ini tengah diperjuangkan agar terealisasi oleh Pemerintahan Jokowi-JK sepatutnya mendapatkan dukungan aktif dari semua elemen properti nasional, khususnya pengembang. Hal ini dia katakan menyusul mengemukanya sejumlah keluhan Real Estate Indonesia (REI) kepada pemerintah beberapa waktu belakangan ini, seperti masalah subsisi yang kurang, pajak yang memberatkan, dan regulasi yang tidak komprehensif.

Menurut bos Panangian School of Property ini, apa yang dilakukan pemerintah sudah cukup mendukung iklim industri seperti keringanan pajak, kemudahan pendanaan atau pembiayaan, dan perizinan. Pada saat yang sama, ia juga memertanyakan, mengapa REI justru sibuk dan intensif mendorong pemerintah melegalkan kepemilikan orang asing atas properti di Indonesia?

“REI seharusnya ikut bertanggung jawab membangun Satu Juta Rumah. Bukannya berkelit dari kewajiban tersebut dan malah gencar menyuarakan kepemilikan orang asing,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia memberikan warning kepada Presiden Jokowi, berbahaya jika presiden meneken aturan mengizinkan orang asing memiliki properti di Indonesia. Bahaya yang akan ditimbulkan adalah terancam gagalnya Program Satu Juta Rumah yang pada akhirnya semakin menjauhnya harapan masyarakat kecil untuk memiliki rumah.

Menurut Panangian, kalaupun keran kepemilikan asing dibuka, akan lebih tepat apabila 70% dari masyarakat Indonesia sudah memiliki rumah sendiri. Dan ini bisa dicapai apabila Program Satu Juta Rumah berhasil direalisasikan pemerintah. “Ini akan menciptakan rasa keadilan bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya. (Foto: Ferdinand Lamak)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me