Tol Tanjung Priok Akan Mengurai Kemacetan di Kawasan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah mendesak kontraktor pembangunan jalan tol akses Tanjung Priok untuk mempercepat pembangunan kontsruksinya. Hal ini dikarenakan jalan tol akses Tanjung Priok akan menjadi akses utama logistik ke Pelabuhan Tanjung Priok dan dapat mengurai kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan.

Akses tol Tanjung Priok

Akses tol Tanjung Priok

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Hediyanto W. Husaini, saat ini sebagian jalan tol akses Tanjung Priok sudah rampung dan bisa digunakan secara gratis. “Jalan tol ini dirancang untuk menampung hingga 1.500 kendaraan di setiap jalurnya yang terbagi ke dalam seksi E1, E2, E2A, seksi NS Link, dan seksi NS Direct,” ujar Hediyanto kepada media di Kantor Kemenpera, Jakarta, Kamis (30/7).

Pembangunan jalan tol ini menyedot investasi Rp4,9 triliun. Seksi E1 sepanjang 3,4 km sudah digunakan sejak tahun 2011, seksi NS Link sepanjang 2,24 km selesai sejak akhir 2013,  dan nanti seksi E2A sepanjang 1,92 km akan dioperasikan Oktober 2015. Akses tol ini akan mengakomodasi kendaraan berat yang masuk dari tol Jakarta-Merak selain dari jalan arteri, Cilincing Raya, hingga Jalan Yos Sudarso.

Jalan tol ini akan menyediakan ramp on dan ramp off  khusus untuk melayani kegiatan kendaraan angkutan peti kemas yang masuk dan keluar pelabuhan dari arah barat maupun timur Jakarta. Untuk melanjutkan ke arah Cawang maupun jalan tol Jakarta-Cikampek juga menjadi lebih mudah.

“Nanti dengan selesainya kelima seksi pada jalan tol akses Tanjung Priok ini maka fungsi sistem jaringan JORR dari arah timur-barat melalui sisi utara maupun sebaliknya akan terakomodasi dengan lebih baik. Mobilitas pelabuhan juga akan bisa lebih tinggi sehingga akan memperlancar jalur distribusi logistik,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me