Fasilitas Helipad Jadi Kebutuhan Properti

Jakarta -Akses transportasi merupakan salah satu kunci utama yang memikat masyarakat dalam membeli properti atau rumah sebagai tempat tinggal mereka. Hal tersebut juga menjadi perhatian para pengembang ...

  • propertidata
  • 2017.04.06
  • 333

    view

  • Fasilitas Helipad Jadi Kebutuhan Properti

    Jakarta -Akses transportasi merupakan salah satu kunci utama yang memikat masyarakat dalam membeli properti atau rumah sebagai tempat tinggal mereka. Hal tersebut juga menjadi perhatian para pengembang. Tak heran, selain akses jalan baik arteri maupun jalan tol, para pengembang kini juga mulai menggarap akses transportasi udara dengan membangun helipad.

    Pembangunan helipad untuk mendukung transportasi udara ini merupakan salah satu terobosan untuk mengatasi lamanya perjalanan di darat akibat kemacetan yang kian parah. Tak heran, jika saat ini banyak pengembang yang mulai membangun landasan helikopter (helipad) di perumahan yang mereka bangun sebagai salah satu fasilitas pendukung perumahan. Hal ini sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan masyarakat akan transportasi udara.

    Ketua Real estat Indonesia (REI) Banten Roni Hardianto Adali kepada wartawan di Jakarta mengakui, sejumlah pengembang besar sudah mulai melakukan pembangunan sarana transportasi helikopter dengan membangun helipad. Dengan demikian, tuturnya, akses terhadap hunian itu bisa cepat dan efektif.

    Lippo Group merupakan salah satu pengembang yang sudah lama mengembangkan transportasi udara ini dengan membangun helipad di perumahan atau properti yang dibangun seperti di Lippo Karawaci dan juga di Lippo Cikarang, Bekasi. Selain itu, berbagai perumahan yang dibangun Lippo juga selalu mudah diakses baik melalui jalan biasa atau jalan tol.

    Contoh pengembang lainnya, seperti Sinar Mas Land juga "menjual" akses transportasi sebagai bagian dari cara memikat konsumen. Hampir seluruh proyek yang dikembangkan pengembang ini selalu mendekati akses pintu tol.

    Hal yang sama juga diterapkan oleh PT Metropolitan Kentjana yang mengembangkan kawasan perumahan elite Pondok Indah di Jakarta Selatan. Akses transportasi umum ke kawasan ini terus dikembangkan terutama selepas pembangunan ruas tol Pondok Pinang-Taman Mini pada awal 1990. Terlebih jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) kini telah terhubung dengan wilayah Bekasi, Jawa Barat dan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

    Pengembangan sistem transportasi ini memang memegang peranan penting. Oleh karen itu, pengembangan sistem transportasi dari dan ke perumahan harus mampu memberi solusi bagi hal-hal yang sangat mungkin terjadi di masa depan. Seperti memberikan akses terhadap perkembangan moda transportasi lain yang sifatnya mendesak seperti darurat kesehatan, bencana, dan keamanan. Selain itu, moda transportasi ini bisa juga digunakan untuk kepentingan bisnis dan layanan eksklusif.

    Apalagi, persoalan kemacetan saat ini sudah menjadi persoalan serius di Jabodetabek. Di sinilah pentingnya pengembangan transportasi udara. Seperti yang dilakukan pusat perbelanjaan dan hunian Pondok Indah yang telah memiliki fasilitas helipad. Fasilitas tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu untuk berbagai kepentingan seperti mendaratnya heli ambulans untuk darurat kesehatan, pick-up helikopter untuk ke luar kota seperti Bandung hingga pick-up ke Bandar Udara Soekarno-Hatta.

    Urgensi helipad juga dirasakan oleh Kota Deltamas, yang baru-baru ini mendirikan helipad di belakang kantor pemasaran pengembang properti tersebut. Keberadaan helipad tersebut untuk mempermudah transportasi melalui helikopter di kawasan Kota Deltamas dan sekitarnya. Terlebih banyak ekspatriat yang berkunjung ke kawasan tersebut.

    Tidak hanya pengembang yang berkepentingan terhadap ketersediaan helipad ini. Semakin banyak helipad yang tersedia di lokasi hunian, perkantoran dan lain-lain, terutama kota penopang seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor akan mempermudah mobilitas masyarakat. Masyarakat akan semakin merasakan manfaat yang besar dari hunian mereka. Dampaknya akan kembali kepada para pengembang properti tersebut. Nilai propertinya akan semakin bagus.

     

     

     

    sas.call("std", {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:''// Targeting});

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci