Geliat Properti Pantura Jawa Ulasan Laporan Utama MPI (4)

Pekalongan; Mulai Bergeliat Seiring Realisasi Infrastruktur Baru Secara geografis, kota yang dikenal sebagai sentra kerajinan batik ini memiliki luas wilayah seluas 45,25 km2. Pekalongan terletak di jalur ...

  • propertidata
  • 2017.04.11
  • 674

    view

  • Geliat Properti Pantura Jawa Ulasan Laporan Utama MPI (4)

    Pekalongan; Mulai Bergeliat Seiring Realisasi Infrastruktur Baru

    Secara geografis, kota yang dikenal sebagai sentra kerajinan batik ini memiliki luas wilayah seluas 45,25 km2. Pekalongan terletak di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta- Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 sebelah timur Jakarta. Karena posisi nya yang strategis tersebut, pemerintah pusat melalui Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) menetapkan Kota Pekalongan sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW).

    Sebagai PKW, Kota Pekalongan menjadi pusat pengembangan bagi wilayah di sekitarnya, yang meliputi Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang. Dalam sistem pengembangan wilayah Provinsi Jawa Tengah, RTRW Provinsi Jawa Tengah juga menetapkan Kota Pekalongan sebagai bagian dan simpul utama dari Kawasan Petanglong (Kawasan Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan). Kawasan Petang long adalah kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi dan sektor unggulannya adalah pertanian, pariwisata, industri dan perikanan.

    Potensi ekonomi yang manjadi andalan Kawasan Petanglong meliputi sektor primer adalah perikanan; sektor sekunder adalah tekstil, batik, dan pengolahan ikan; serta sektor tersier adalah jasa dan perdagangan.

    Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis properti di Pekalongan mulai menunjukkan perkembangan pesat. Hal ini ditandai dengan menjamurnya bangunan-bangunan middle rise dengan tinggi empat hingga 20 lantai. Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, permintaan properti di Pekalongan didominasi oleh sektor perumahan dengan persentase sebesar 82,58%.

    Permintaan properti berbentuk tanah, ruko, dan bangunan komersial menyusul dengan persentase 12,42%, 3,75%, dan 0,5%. Di antara keempatnya, hanya ketersediaan rumah yang masih kurang yaitu hanya 68,86%. Untuk permintaan, Pekalongan Barat tercatat sebagai kawasan yang paling banyak dicari dengan persentase 55,12%.

    Bisa jadi hal itu disebabkan oleh ketersediaan stok properti dengan harga rata-rata yang terjangkau, dengan kisaran Rp723,29 juta. Beberapa kawasan lain yang juga banyak dijadikan incaran pemburu properti adalah Pekalongan Timur, Pekalongan Utara, serta Kedunwuni.

    Selain pembangunan infrastruktur yang masif, salah satu yang menjadi trigger bagi pengembang di Pekalongan adalah berharap besar pada 1900 pekerja proyek pembangunan PLTU Batang yang berkapasitas produksi 2×1000 Mega Watt (MW). Terlebih, jarak Pekalongan dan Kabupaten Batang sendiri kurang dari 10 km, sementara di wilayah itu sangat kurang fasilitasnya.

    Salah satu kawasan perumahan di Pekalongan Utara adalah proyek garapan Ciputra Group. Sampai saat ini, bisa dibilang, grup milik begawan properti Ir. Ciputra tersebut masih satu-satunya perusahaan developer nasional yang sudah hadir di area Pantura dan menawarkan standar baru akan kualitas lingkungan ideal.

    Berlabel CitraGarden, proyek dengan lahan seluas 5,7 hektar –dari rencana total luas lahan10 Ha– itu berada di tepi Jalan Kusuma Bangsa, Pekalongan. Serupa dengan proyek-proyek lansiran grup ini, Citra- Garden juga direncanakan sebagai hunian urban modern, yang dilengkapi dengan area komersial dan club house / fit centrum. Rumah-rumah di CitraGarden sendiri memiliki rentang luas yang bervariasi, mulai dari unit yang menyasar segmen middle low dengan rentang 30/72 m2 seharga Rp177 juta (sold out) hingga tipe 45/205 m2 seharga Rp801 juta.

    Pada tahun 2017, CitraGarden baru saja melansir tipe rumah terbaru bersegmen kelas menengah yaitu Tipe Darlinton dengan luas 72 /45 m2 dengan rentang harga mulai dari Rp466 juta. MPI Riz Dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci