Pemkot Surabaya Larang Bangun Perumahan dengan Satu Gerbang

Big Banner
PerumahanPerumahan

Propertinet.com – Pemerintah Kota Surabaya melarang pembangunan perumahan atau landed house yang menggunakan one gate system (sistem satu pintu) lantaran dianggap bisa berpotensi terjadi kepadatan di jalan utama.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No.7 Tahun 2010, pengembang berkewajiban menyerahkan 30% fasilitas umum (fasum) kepada pemerintah, termasuk jalan perumahan, sehingga jalan tersebut tetap bisa dilintasi pengguna jalan lain, terutama dalam keadaan darurat.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPUCKTR) Kota Surabaya Dewi Soeriyawati menjelaskan larangan tersebut perlu dipahami oleh para pengembang karena sistem satu pintu yang biasanya menjadi andalan perumahan-perumahan bisa berdampak pada kemacetan.

Selain itu, menurut Dewi, bila di kawasan perumahan dan di sekitarnya mengalami kebakaran. Maka akan sulit bagi kendaraan pemadam untuk masuk dari berbagai arah.

           Baca Juga!

 

“Sekarang perumahan seperti regency-regency itu sudah tidak boleh pakai one gate system karena ini untuk mengantisipasi kemactean dan bahaya kebakaran,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam setiap site plan perumahan yang diajukan oleh pengembang kepada Pemkot Surabaya, dianjurkan membuat jalan sambungan yang bisa menembus jalan lain yang dimiliki oleh perumahan di sebelahnya.

“Dengan begitu, kalau ada peristiwa darurat atau ada kemacetan dan terjadi bangkitan, kendaraan yang melintas bisa lewat jalur pintas yang tembus ke perumahan lain, jadi tidak ada jalan buntu,” imbuhnya.

Ketua Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jatim, Totok Lusida mengatakan kalau pemkot menginginkan aturan tersebut, seharusnya melibatkan asosiasi pengembang.

“Sebenarnya one gate system itu kan dibuat untuk privasi penghuni, dan untuk faktor keamanan. Kalau harus begitu, sebaiknya dalam pengembangan perumahan ada pembicaraan B to G (business to govervement),” ujarnya.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me