Untung Rugi Membeli Properti Periode Early Bird (2)

Kesuksesan yang sama menjual pada periode early bird diraih PT Grahabuana Cikarang yang mengembangkan Jababeka Residence di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Dua menara apartemen yang berdiri di kawasan superblok ...

  • propertidata
  • 2017.04.17
  • 2358

    view

  • Untung Rugi  Membeli Properti Periode Early Bird (2)

    Kesuksesan yang sama menjual pada periode early bird diraih PT Grahabuana Cikarang yang mengembangkan Jababeka Residence di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Dua menara apartemen yang berdiri di kawasan superblok Movieland, yakni Elvis dan Monroe di Jababeka Residence, seluruh unitnya sekarang sudah habis terjual (sold out).

    “Animo pembeli apartemen yang terinspirasi dari artis Hollywood ini sangat luar biasa. Dalam dua tahap penjualan Tower Monroe yang dilakukan sepanjang 2016 dan awal tahun ini, seluruh unit ludes terjual (sold out) hanya dalam waktu singkat saat launching,” ujar Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang.

    Tower Monroe terdiri atas 378 unit apartemen yang dipasarkan mulai harga Rp300 jutaan. Apartemen ini dibangun setinggi 14 lantai, terdiri dua tipe yaitu studio (322 unit) dan two bed room (56 unit). Sementara Tower Elvis merangkum 384 unit apartemen tipe studio seluas 24 m2. Saat diluncurkan pada Februari 2015, apartemen yang diadopsi dari nama artis terkenal Elvis Presley ini ditawarkan mulai dari Rp280 juta. “Saat ini harganya mencapai Rp400 jutaan atau mengalami kenaikan lebih dari 40%,” ungkap Sutedja.

    F Rach Suherman seorang pemerhati bisnis properti menuturkan, investor yang cocok membeli properti harga early bird adalah tipe risk player, bukan safety player. Pasalnya, risiko membeli properti yang baru berupa gambar cukup besar. Antara lain, proyeknya tidak jadi dibangun, berhenti dibangun di tengah jalan, delay, dan lainnya.

    “Untungnya gede ya risikonya juga gede. Untuk keuntungan masa depan yang lebih tinggi investor harus membayar risiko di depan. Investor juga harus sadar, membeli erly bird itu cost of money-nya menumpuk di depan, yang kalau kemudian proyeknya salah, berhenti gak jalan, delay, uangnya tambah diam. Berbeda jika membeli properti yang sudah jadi, besoknya langsung bisa disewakan,” papar Suherman.

    Untuk itu Suherman mengingatkan agar investor cermat dalam membeli properti dengan harga early bird dan menjalankan prinsip-prinsip investasi properti dengan benar, yaitu; membeli properti di lokasi yang strategis, memiliki konsep yang baik, pengembangnya memiliki jejak rekam yang baik dan memiliki keuangan yang kuat.
    Lebih lanjut Suherman mengatakan, investor yang cocok berinvestasi di properti harga early bird adalah investor long-term investment (lima tahun ke atas). “Pembeli yang ragu-ragu dan belum jelas bakal longterm atau megap-megap mengangsur, efek early bird tidak bakal terasa pedasnya.

    Early bird model, tidak berpihak kepada pembeli jangka pendek, kecuali pada satu-dua proyek masterpiece dengan unit tidak terlalu banyak, yang menjadi rebutan banyak orang,” kata Suherman.

    Namun, tambah Suherman, hal itu tidak “hitam putih”. Faktanya, ada investor early bird yang “terpaksa” menjual under market dari price list developer di tahun ke dua atau ketiga, bahkan jadi persaingan harga yang membuat kacau struktur harga di pasar masa kini.

    “Nah, unit-unit under market ini biasanya dibeli oleh ‘eagle investor’ yang cerdas, cepat, dan jelalatan mencari mangsa— yang tentu saja greedy. Hari gini, mau dibilang apa deh, yang penting untung paling gede. Ternyata early bird (burung) memang selalu kalah dibanding eagle investor (elang),” ujar Suherman. MPI YS Dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci