Penjualan Rumah Mewah di Amerika Alami Peningkatan

Big Banner

JAKARTA – Para orang kaya kian gencar memborong rumah mewah pada kuartal kedua tahun ini. Tetapi, ada tanda-tanda bahwa harga properti sudah mendekati puncak.

Berdasarkan laporan The CNBC Luxury Real Estate yang disusun oleh Redfin, penjualan rumah dengan harga USD1 juta di Amerika Serikat (AS) meningkat 14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu menjadi 24.064 rumah.

Penjualan rumah dengan harga USD5 juta atau lebih melonjak 20 persen menjadi 584 rumah. Laporan penjualan tersebut tidak termasuk wilayah New York.

Namun tetap saja harga real estate mewah tersebut masih digandrungi orang kaya. Harga properti kian kian melemah.

Pada saat yang sama, persediaan rumah merangkak naik. Sekarang ada 65 ribu rumah dengan harga jutaan dolar untuk dijual di AS dan lebih dari 4.000 rumah dengan harga USD5 juta atau lebih dari 8,5 persen.

Kepala Ekonom Redfin, Nela Richardson mengatakan, kelemahan luar negeri dapat mengurangi jumlah pembeli asing, yang kurang sensitif terhadap harga karena mereka sering mencari tempat untuk mengadakan kas mereka.

“Ada banyak isu-isu global bermain keluar seperti Yunani, China dan Eropa Barat. Dan kita melihat penghematan di Amerika Selatan. Jadi seluruh dunia, pembeli asing menarik kembali sedikit,” ujar Richardson, seperti dilansir dari laman CNBC.

Dia menambahkan, bahkan pembeli terkaya akan menolak jika harga menjadi terlalu tinggi.

“Tidak peduli apa anggaran tersebut, tidak ada orang yang mau membeli dengan harga yang tinggi,” ucapnya.

Rumah paling mahal dijual di kuartal tersebut di Holmby Hills, California dengan luas 15 ribu kaki persegi dengan 10 kamar tidur, 12 kamar mandi, dan luas tujuh hektar. Ini dijual hampir USD59,4 juta. Namun, mansion terbesar di kuartal tersebut juga di Bay Area seperti di Belvedere, California.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me