Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Penawaran Rumah Murah

Housing-Estate.com, Jakarta - Program pembangunan sejuta rumah sudah berjalan dua tahun sejak digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2015. Melalui program ini kalangan masyarakat berpenghasilan ...

  • propertidata
  • 2017.05.20
  • 579

    view

  • Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Penawaran Rumah Murah

    Housing-Estate.com, Jakarta - Program pembangunan sejuta rumah sudah berjalan dua tahun sejak digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2015. Melalui program ini kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) banyak terbantu untuk memiliki rumah. Misalnya mereka dibebaskan dari membayar PPN, bunga 5 persen hingga lunas, uang muka 1 persen, dan bantuan uang muka.

    Kemudahan tersebut membuat masyarakat bersemangat mengakses perumahan. Namun di saat pemerintah gencar mewujudkan program ini dan mendorong pengembang lebih berkomitmen ada segelintir orang yang memanfaatkan program ini untuk melakukan penipuan berkedok pemasaran rumah murah.

    “Di Yogyakarta sudah ada penipuan bermodus penawaran rumah murah. Ada orang menawarkan rumah dengan embel-embel subsidi dan meminta tanda jadi. Jadi, masyarakat harus tetap hati-hati dan waspada,” ujar Budi Hartono, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta, Jumat (19/5).

    Penipu, jelas Budi, membawa brosur yang menampilkan logo Kemenpupera termasuk memperlihatkan lokasinya. Di situ dipasang umbul-umbul dan plang rumah murah lengkap dengan nama pengembang dan logo Kemenpupera. Ternyata, umbul-umbul tersebut palsu dan hanya dipasang untuk meyakinkan calon konsumen.

    “Kami terus melakukan upaya-upaya preventif karena modus seperti ini dikhawatirkan menyebar ke kawasan-kawasan lain, salah satunya terus mengembangkan sistem online yang terkoneksi antara pengembang, perbankan, dan PPDPP. Masyarakat juga diharapkan lebih hati-hati dan tidak gampang tergiur dan mudah menyerahkan uang tanda jadi,” tandasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci