Ada Caranya Loh Agar Pengantin Baru Bisa Beli Rumah!

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockBagi pasangan yang baru menikah, punya hunian sendiri tentunya masuk daftar prioritas. Yang tak suka mendompleng orangtua, seringnya menyewa hunian sembari mengumpulkan ...

  • propertidata
  • 2017.05.30
  • 1055

    view

  • Ada Caranya Loh Agar Pengantin Baru Bisa Beli Rumah!

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Bagi pasangan yang baru menikah, punya hunian sendiri tentunya masuk daftar prioritas. Yang tak suka mendompleng orangtua, seringnya menyewa hunian sembari mengumpulkan dana untuk beli rumah.

    Nah, buat pasangan muda yang berencana ingin membeli rumah, tetapi masih bingung dari mana mulainya, cara di bawah ini bisa diterapkan. Simak ya:

    Baca juga: Setelah 6 Tahun Menabung, Pasangan Muda Ini pun Kebeli Rumah, Kalau Kamu?

    Pertama, sisihkan 15-20 persen gaji. Setidaknya dari gaji tersebut kamu mampu membayar uang muka (down payment) terlebih dahulu.

    Kedua, diskusikan masalah keuangan. Jika kamu dan pasangan tidak terbuka soal keuangan, dijamin penyisihan uang tidak akan rata. Dan kamu bakal sulit untuk mengatur keuangan. Terutama penghasilan yang diterima dan telah dibelanjakan apa saja itu harus diperbincangkan.

    Baca juga: Korbankan Kongkow, Pasangan Milenial Ini pun Bisa Beli Rumah!

    Ketiga, buat tabungan bersama. Ini penting banget untuk menyisihkan penghasilan yang kamu dan pasangan terima. Jadi, kamu bisa membedakan mana dana untuk sehari-hari dan mana dana untuk beli properti.

    Keempat, jangan lewatkan kesempatan promo yang ditawarkan pengembang. Apalagi baru launching produk properti, pastinya banyak keringanan pembayaran yang bisa kamu dapatkan.

    Baca juga: Kalau KPR-mu Ingin Disetujui, Jangan Nunggak Cicilan Kredit Apapun!

    Kelima, manfaatkan dana pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank untuk kepemilikan rumah. Selain menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pinjaman KTA juga bisa dimanfaatkan loh.

    Keuntungan dari kredit ini, bebas jaminan tanpa menjaminkan apapun untuk mencairkan dana KTA. Pelajari sistem cicilan rumah menggunakan KTA sebelum kamu memutuskannya ya. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci