Jalur Tol Jakarta-Semarang Bisa Untuk Mudik Lebaran

Housing-Estate.com, Jakarta - Lebaran menjadi momentum untuk mempercepat pembangunan dan penyelesaian jalur mudik. Untuk kepentingan itu pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan dikebut agar dapat digunakan ...

  • propertidata
  • 2017.05.30
  • 1012

    view

  • Jalur Tol Jakarta-Semarang Bisa Untuk Mudik Lebaran

    Housing-Estate.com, Jakarta - Lebaran menjadi momentum untuk  mempercepat pembangunan dan penyelesaian jalur mudik. Untuk kepentingan itu pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan dikebut agar dapat digunakan untuk kelancaran arus mudik. Di Jawa misalnya, ada tiga ruas tol baru yang akan difungsikan untuk jalur mudik.

    “Ketiga ruas itu jalan tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Dengan adanya 3 ruas yang fungsional ini bisa mengurangi kepadatan mudik Lebaran. Jadi tahun ini bisa tembus ke Ngaliyan, Semarang, sehingga arusnya bisa terpecah tidak seperti tahun lalu yang menumpuk di Brebes Timur,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, dalam publikasi resmi di Jakarta, Selasa (30/5).

    Pelaksana pembangunan jalan tol tersebut, yaitu PT Jasa Marga, PT Waskita, dan PT Sumber Mitra Jaya sudah komit untuk menjaga ritme pekerjaan agar rencana pemerintah itu terlaksana. Kendati  hanya difungsikan sementara badan jalan tol akan dilapisi beton sehingga aman dan nyaman untuk dilalui.

    Progres konstruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 saat ini sudah lebih dari 57 persen. Proses pembebasan lahan sudah hampir rampung dan akhir tahun ini konstruksinya ditargetkan selesai. Ruas Pejagan-Pemalang panjangnya 57,5 km terbagi 4 seksi. Seksi 1 dan 2 dengan exit Brebes Timur sudah dioperasikan sejak Juni 2016. Untuk ruas Pemalang-Batang (39 km) targetnya bisa operasional secara penuh akhir 2018.  Pembebasan lahan ruas ini sudah mencapai 80 persen.

    Untuk ruas Batang-Semarang  terdiri 5 seksi sepanjang 75 km. Kelak bila tol Trans Jawa ini beroperasi panjangnya mencapai 1.187 km terbagi dalam 18 ruas . Saat ini sudah beroperasi 516 km.  “Total investasi untuk ruas Pemalang-Batang dan Batang-Semarang  sebesar Rp15,8 triliun. Targetnya seluruh ruas jalan tol Trans Jawa bisa tersambung tahun 2019 dan sekarang sedikit demi sedikit sudah mulai tersambung,” imbuh Basuki.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci