Lebih Aman Membeli Rumah Dengan DP

Housing-Estate.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan pengeluaran terbesar dan jangka panjang bagi sebagian besar orang. Membeli dengan kredit pemilikan rumah (KPR) sekali pun perlu uang muka atau DP tidak ...

  • propertidata
  • 2017.05.30
  • 1144

    view

  • Lebih Aman Membeli Rumah Dengan DP

    Housing-Estate.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan pengeluaran terbesar dan jangka panjang bagi sebagian besar orang.  Membeli dengan kredit pemilikan rumah (KPR) sekali pun perlu uang muka atau DP tidak kecil agar bank mau membiayai. Karena itu kesiapan uang muka kerap menjadi penghambat seseorang untuk mengakses perumahan. Untuk menjembatani persoalan ini program DP ringan bahkan nol persen banyak ditawarkan pengembang.

    Terlepas dari kesiapan konsumen, DP sangat penting untuk mendapatkan KPR dari bank. Dengan adanya uang muka bank akan menilai konsumen layak mendapat pembiayaan (bankable) dan punya riwayat menabung bagus. Selain itu seseorang yang membeli rumah dengan DP rasa memilikinya (sense of ownership). Umumnya bila terjadi masalah keuangan atau kreditnya bermasalah dia tidak mudah menyerah.

    “Kalau tanpa DP bank kesulitan menilai kemampuan debitur sehingga biasanya besaran uang muka  ini juga bisa memengaruhi besaran bunganya. Makin kecil DP bunganya biasanya semakin besar, ini karena risiko bank lebih tinggi,” ujar Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Lana Winayanti, kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (29/5).

    Soal DP ini juga menjadi persoalan sendiri bagi pembangunan rumah khususnya rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan DP hanya 1 persen sesuai ketepatan pemerintah, mayoritas bank tidak dapat berpartisipasi dalam penyaluran KPR rumah bersubsidi. Hanya Bank BTN yang menyalurkan itu pun dengan syarat calon debitur punya payroll di BTN. Secara umum program rumah subsidi masih mensyaratkan depe 5 persen.

    Lana menyebut DP 0 persen seperti yang ingin diterapkan gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dimungkinkan selama Pemprov DKI bisa memberi jaminan atau talangan DP.  Bank, lanjut Lana, dalam menyalurkan kredit tetap meminta ada DP.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci