Bank BTN dan SMF Kerja Sama Sekuritisasi KPR Syariah

Penerbitan EBAS-SP itu berpotensi memberi manfaat bagi pasar modal, khususnya industri keuangan syariah. Sebagai tahap awal, naskah kerja sama transaksi sekuritisasi KPR IB dengan skema EBAS-SP ditandatangani ...

  • propertidata
  • 2017.05.30
  • 69

    view

  • Bank BTN dan SMF Kerja Sama Sekuritisasi KPR Syariah

    Penerbitan EBAS-SP itu berpotensi memberi manfaat bagi pasar modal, khususnya industri keuangan syariah. Sebagai tahap awal, naskah kerja sama transaksi sekuritisasi KPR IB dengan skema EBAS-SP ditandatangani Dirut Bank BTN Maryono dan Dirut SMF Ananta Wiyogo, di Bank BTN, Jakarta, Selasa (30/5).

    Maryono mengatakan dengan EBAS-SP, BTN syariah bisa meraih dana segar dan meningkatkan kapasitas pendanaan kepemilikan rumah. Instrumen itu juga bertujuan mengurangi mismatch pendanaan karena dana sekuritisasi berjangka panjang, sesuai dengan pola pembiayaan KPR Bank BTN IB. “Potensi aset KPR syariah Bank BTN yang bisa disekuritisasi mencapai Rp3,8 triliun, yang semuanya KPR nonsubsidi,” katanya.

    Sementara itu Dirut SMF Ananta Wiyogo mengatakan EBAS-SP ialah efek beragun aset syariah yang underlying portofolionya dari pembiayaan KPR IB dengan PT SMF jadi penerbit serta BTN Syariah jadi kreditur asal dan penyedia jasa.

    Kerja sama penerbitan EBAS-SP itu memakai prinsip syariah agar tiap penerbitan efek wajib mendapat pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Pengawas Syariah atau tim ahli syariah pasar modal. “Kerja sama penerbitan EBAS-SP ini dukungan PT SMF pada BTN Syariah untuk mewujudkan program satu juta rumah,” tuturnya. (PIT)

     

    jktproperty.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci