Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)Pemeringkat properti Demographia melansir kalau Hong Kong menempati posisi pertama di dunia untuk harga properti dengan harga selangit pada awal Januari 2017. Peringkat ...

  • propertidata
  • 2017.06.02
  • 280

    view

  • Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

    Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

    Pemeringkat properti Demographia melansir kalau Hong Kong menempati posisi pertama di dunia untuk harga properti dengan harga selangit pada awal Januari 2017. Peringkat diraih oleh Hong Kong selama tujuh tahun beruntun.

    Harga apartemen di kawasan khusus yang masuk Tiongkok ini memang edan, sangat mahal! Paling mahal, bahkan bila dibandingkan dengan New York, Amerika Serikat.

    Baca juga: Siapa Mau Koleksi Vas Unik dengan Teknik Kolase? Wah Kekinian Banget Lho

    Sebagai ilustrasi, sebuah unit apartemen AVA62 di Jordan, Distrik Yau Tsim Mong yang dibangun oleh perusahaan pengembang Wisdom Gaining harganya bisa mencapai US 20.000 dollar Hong Kong (Rp34,2 juta) per meter persegi.

    Jadi kalau ada yang membeli unit apartemen seluas 46 meter persegi, harganya bisa mencapai US 3 juta dollar Hong Kong (Rp5,1 miliar).

    Baca juga: Kalau ke Seoul, Jangan Lupa Mampir ke Seoullo 7017 Ya!

    Harganya bikin geleng-geleng kepala yaitu mencapai US 20.000 dollar Hong Kong (Rp34,2 juta) per meter persegi atau US 3 juta dollar Hong Kong (Rp5,1 miliar) per unit secara rata-rata.

    Pada 2016, ada “rekor” pembelian untuk apartemen berukuran kecil di Hong Kong. Apartemen One Prestige yang dibangun oleh perusahaan pengembang Henderson Land di wilayah North Point.

    Baca juga: Harga Properti Selangit, Banyak Pasangan di Hong Kong Tunda Memiliki Anak atau Menikah

    Mau tahu harganya berapa? Apartemen dengan ukuran 49 meter persegi dibeli dengan harga Rp6,6 miliar! Warbiyasak, kan?!

    Harga unit apartemen yang mencekik leher para pekerja berimbas pada banyak hal. Para pekerja tidak mampu mencicil hunian, sementara perusahaan pengembang juga kesulitan menjual produk lantaran kelewat mahal.

    Baca juga: Kursi Keren Ini Dibuat dari Anyaman Benang Rajut dan Wol!

    Harga rata-rata apartemen yang terus meroket dan jauh dari jangkauan pendapatan rata-rata pekerja, membuat perusahaan pengembang akhirnya membuat unit dalam ukuran lebih kecil.

    Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) memproyeksikan kalau ada 5.000 unit apartemen berukuran kecil yang sedang dibangun setiap tahun hingga 2019 medatang. Jumlah ini naik tiga kali lipat dibandingkan rata-rata dekade lalu.

    Baca juga: Hmm, Indahnya Furnitur dengan Pola Dedaunan dan Bunga

    “Untuk menjadikan harga apartemen terjangkau, perusahaan pengembang membangun apartemen menjadi kecil dan lebih kecil pada lokasi utama untuk menjangkau investor atau orang yang masih muda,” ujar Head of Valuation and Consultancy Knight Franck, Thomas Lam seperti dikutip oleh South China Morning Post.

    Maka jangan heran kalau belakangan muncul apartemen di Hong Kong dengan luas 12 meter persegi hingga yang diklaim paling kecil yaitu 5,7 meter persegi.

    Baca juga: “Sarang Nyamuk” Seluas 12 Meter Persegi, Mau Tinggal di Sini?

    Hmm, pernah membayangkan tinggal di hunian seluas itu dengan harga miliaran? Pernah juga membayangkan tinggal bersama keluarga dalam hunian dengan luas seperti itu?

    Nah, kalau melihat pengalaman di Hong Kong ini, kamu harus segera bergegas untuk mengelola pendapatan agar bisa membeli hunian lho. Kamu mau mengalami hal yang sama seperti di Hong Kong? Nggak mau kan!

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci