Ini Cara Australia Hadapi Banjir Investor Asing

Big Banner
Kota BrisbaneKota Brisbane

Propertinet.com – Membanjirnya investor asing di Australia dituduh jadi penyebab meroketnya harga rumah di negeri itu. Akibatnya warga lokal makin sulit menjangkau, sementara warga asing membeli hanya untuk investasi. Kondisi ini membuat pasar tidak stabil dan ikut mendorong jatuhnya perekonomian Australia usai masa booming pertambangan.

Investor terbanyak berasal dari Tiongkok. Bahkan Foreign Investment Review Board (FIRB) Australia menyatakan bahwa investor Tiongkok itu sudah mengambil posisi AS sebagai negara investor terbesar di negeri Kangguru ini. Nilainya mencapai 27,6 miliar dolar AS (Rp 275 triliun) pada tahun lalu dan setengah dari nilai tersebut masuk ke sektor real estat.

Melihat dampak negatif tadi  pemerintah berencana mengeluarkan aturan baru yang akan membatasi kepemilikan properti oleh orang asing. Beleid itu bukan berarti Australia alergi dengan investor asing, mereka hanya ingin menegakkan aturan. Sebab, banyak transaksi  dilakukan secara ilegal.

Bendahara pemerintah Australia, Joe Hockey, mengungkapkan ada 462 kasus yang sedang diselidiki, karena melanggar peraturan kepemilikan properti oleh orang asing. Jumlah kasus ini berlipat dua kali dibanding jumlah kasus yang sedang diselidiki pada Juni lalu.

 

           Baca Juga!

 
Sesuai aturan hukuman pada  investor pelanggar adalah harus melepas kepemilikannya dengan menjual ke pasar lokal. Pada Agustus ini ada enam investor asing dihukum dan diperintahkan untuk menjual kembali propertinya. Lokasi rumah tersebut ada di tiga kota, Sydney, Brisbane dan Perth, dengan nilai properti 152.000 – 1,86 juta dolar Australia  atau Rp 1,5 – 18,5 miliar. Mereka berasal dari Tiongkok dan negeri Asia lainnya.

Pada Maret lalu sudah ada satu investor asal Hong Kong yang diperintahkan untuk menjual mansion-nya di Sydney senilai 39 juta dolar Australia (Rp 389 miliar) karena pembeliannya ilegal.  Sebelumnya sudah ada lima investor dari empat negara juga sudah terkena hukuman ini.

 

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me