Minat Tinggi Trend Apartemen Kian Memikat di Surabaya (2)

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juni 2017 menurunkan laporan uatam (Fokus) pada perkembangan bisnis properti Surabaya, tak hanya rumah tapak, tren properti di Surabaya sejak beberapa tahun terakhir ...

  • propertidata
  • 2017.06.02
  • 447

    view

  • Minat Tinggi Trend Apartemen Kian Memikat di Surabaya (2)

    Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juni 2017 menurunkan laporan uatam (Fokus) pada perkembangan bisnis properti Surabaya, tak hanya rumah tapak, tren properti di Surabaya sejak beberapa tahun terakhir terus mengarah kepada hunian vertikal seperti apartemen. Sejumah faktor yang mendorongnya antara lain soal budaya masyarakat yang mulai berubah, peningkatan kelas menengah, dan keterbatasan lahan.

    Tak mengherankan, sejak tiga tahun terakhir, Surabaya merupakan daerah yang pertumbuhan industri apartemennya patut diperhitungkan. Terlebih, karakternya sebagai kota bisnis, jasa dan pariwisata, membuat pertumbuhan apartemen di kota terbesar kedua di Indonesia ini sangat prospektif.

    Berdasarkan pembagian wilayah, Surabaya Timur saat ini masih menjadi penyumbang terbesar untuk pasokan apartemen. Sebab, wilayah ini merupakan lokasi bisnis dan pilihan bagi pelajar, karena merupakan lokasi yang banyak dikelilingi universitas dan institusi pendidikan. Sementara, di Surabaya Barat, sebaran apartemen hanya terjadi di sebagian wilayah saja, terutama di sepanjang Jalan HR Muhammad, Jalan Darmo Boulevard, dan Jalan Raya Darmo.

    Berdasarkan riset yang dilakukan konsultan properti Colliers International, menunjukkan, pasokan apartemen di kota pahlawan ini diproyeksi akan meningkat pesat hingga 2019 mendatang, dengan adanyanya penambahan pa sokan sebanyak 28,640 unit yang berasal dari 37 proyek apartemen baru.

    Salah satu pengembang yang serius mengembangkan apartemen tersebut adalah Pakuwon Group. Pengembang asli Surabaya ini terus memperkuat domi na sinya di bisnis apartemen, terlebih setelah secara resmi mengembangkan pusat perbelanjaan Pakuwon Mall di kawasan Surabaya Barat. Pusat perbelanjaan ini mengusung mixed used concept karena menyatu dengan kondominium dan hotel.

    Pakuwon Mall sendiri merupakan perluasan pusat perbelanjaan Supermall Pakuwon Indah (SPI) dan Pakuwon Trade Center (PTC) yang telah lebih dulu dikembangkan sejak 2003 lalu dengan luas mencapai 100.000 meter persegi (m2). Pakuwon Group kemudian menyatukan kedua mal itu dengan Pakuwon Mall, sehingga menjadi pusat perbelanjaan dengan luas mencapai 180.000 m2.

    Beberapa hunian vertikal yang telah dikembangkan di Pakuwon Mall antara lain; Supermal Mansion, The Ritz Mansion, Orchard Mansion, Tanglin Apartment, serta hotel bintang 5. Salah satu proyek terbaru yang dikembangkan Pakuwon adalah Apartemen Benson Tower. Layaknya tipikal portofolio eksisting Pakuwon Group, hunian vertikal yang terintegrasi langsung dengan pusat perbelanjaan Pakuwon Mall, ini juga dikembangkan dengan ekslusif.

    Mengusung konsep practical living, Benson Tower yang terdiri atas satu tower apartemen setinggi 53 lantai dan merangkum 1300 unit apartemen ini menawarkan berbagai tipe apartemen, mulai dari type studio ukuran 25-34m2 sampai dengan type2bedroom ukuran 51-60m2. Sementara, harga yang ditawarkan mulai dari Rp600 jutaan sampai dengan Rp1,2 miliar. “Benson Tower merupakan hunian vertikal yang dikembangkan di atas Pakuwon Mall dengan tingkatan harga yang terjangkau, namun tanpa mengurangi kemewahan yang ditawarkan di dalamnya,” ujar GM Marketing Pakuwon Group, Agung Nugroho.

    Agung menuturkan, jika Benson Tower dikembangkan untuk melengkapi 4 tower yang sudah lebih dulu eksis, yaitu Orchard Tower, Tanglin Tower, La Riz, dan Anderson. Serupa dengan tipikal eksisting tersebut, Benson dirancang untuk kelas menengah Surabaya yang menginginkan hunian modern dan praktis, namun tanpa mengurangi kebutuhan mereka akan gaya hidup yang lengkap. “Selling point kami adalah keberadaan superblok Pakuwon Mall yang telah eksis, termasuk lokasinya yang berada di Surabaya barat dan didukung de ngan infrastruktur yang lengkap,” papar Agung. Benson Tower yang mulai dipasar kan pada November 2016 lalu, saat ini sudah pada tahap groundbreaking, dan rencananya akan mulai diserahterimakan pada akhir tahun 2019 mendatang.

    Segera bererdar edisi Juni 2017. (Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci