Jokowi: Paradigma Pembangunan Konsumtif Harus Diubah

Big Banner

Menyambut HUT RI ke-70, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa sudah saatnya rakyat Indonesia melakukan perubahan paradigma. Perubahan tersebut terjadi dari pola pembangunan konsumtif menjadi pembangunan produktif.  

“Paradigma pembangunan yang bersifat konsumtif harus diubah menjadi produktif. Pembangunan harus dimulai dari pinggiran, dari daerah dan desa-desa,” ujar Jokowi, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Menurut Jokowi, pembangunan produktif itu penting untuk diterapkan agar perekonomian Indonesia dapat lebih bertumbuh dan berkembang dengan dasar yang kuat. Hal ini menjadi penting di tengah kondisi perlambatan ekonomi yang sedang terjadi saat ini. 

Caranya adalah dengan meningkatkan produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM), memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sikap mental yang kreatif, inovatif dan gigih. Dengan demikian, Indonesia dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan lebih baik untuk kemakmuran rakyat. 

Untuk itu, bangsa Indonesia harus berani melakukan perubahan paradigma tersebut karena tanpa keberanian, Indonesia tidak akan pernah bisa meletakkan fondasi pembangunan nasional yang kokoh, mandiri secara ekonomi, serta menegakkan kepentingan nasional. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me