Oktober 2017 Seluruh Transaksi Jalan Tol Non Tunai

Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan segera merealisasikan otomatisasi pembayaran jalan tol. Kemenpupera menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk ...

  • propertidata
  • 2017.06.03
  • 213

    view

  • Oktober 2017 Seluruh Transaksi Jalan Tol Non Tunai

    Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan segera merealisasikan otomatisasi pembayaran jalan tol. Kemenpupera menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk menyepakati kerja sama elektronifikasi di jalan tol untuk penerapan transaksi non tunai yang juga mendukung gerakan nasional non tunai (GNNT).

    Ilustrasi : pintu Tol Pejagan

    “Dengan sistem elektronik untuk pembayaran jalan tol akan memperpendek transaksi sehingga mengurangi antrian di gardu tol. Masyarakat juga dimudahkan tidak perlu membawa uang tunai dan menunggu uang kembalian,” ujar Menpupera Basuki Hadimuljono saat menandatangani kerja sama dengan Gubernur BI Agus Martowardoyo di Gedung BI, pekan ini.

    Kerja sama antara Kemenpupera dan BI ini juga merupakan tahap awal untuk agenda nasional elektronifikasi jalan tol di Indonesia yang dimulai dengan kampanye elektronifikasi menuju penerapan multi lane free flow (MLFF) atau pembayaran tol tanpa henti. Dengan MLFF ini pengendara di jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraannya di gerbang tol sehingga arus lalu lintasnya akan lebih lancar lagi.

    Saat ini transaksi jalan tol non tunai baru mencapai 23 persen untuk jalan tol di seluruh Indonesia. Ditargetkan pada bulan Oktober 2017, seluruh ruas jalan tol sudah bisa menggunakan transaksi non tunai untuk rata-rata lalu lintas harian di jalan tol mencapai 4,5 juta kendaraan setiap harinya.

    Agus menambahkan, pelaksanaan elektronifikasi jalan tol ini perlu kerja sama dengan banyak pihak khususnya perbankan untuk integrasi antar ruas jalan tol. “Makanya dibutuhkan konsorsium electronic toll convention untuk mengintegrasikan ruas jalan tol dan penyempurnaan model bisnis serta aspek teknis elektronifikasi lainnya,” imbuhnya.

    Dengan kerja sama ini selanjutnya akan dilakukan sosialisasi dan edukasi untuk penggunaan uang elektronik di jalan tol. Kemenpupera melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga telah mengeluarkan perintah pelaksanaan transaksi non tunai secara multi bank dan saat ini tengah disusun rancangan peraturan menteri tentang sistem transportasi cerdas jalan tol.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci