Perumnas Targetkan Suplai 30 Persen Rumah Murah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah akan mengembalikan peran Perumnas sebagai National Housing Urban Development and Corporation, yaitu sebagai developer utama penyedia rumah murah dan property management untuk rumah susun yang dikembangkannya. Untuk itu Perumnas tengah menunggu revisi peraturan pemerintah (PP) mengenai penugasan ini.

pembangunan rumah murah subsidi

Ilustrasi

Menurut Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto, saat ini Perumnas baru menyuplai sekitar 10 persen dari total rumah murah yang dibangun. “Kami baru bisa menyediakan sekitar 3.000-an unit per tahun, ini akan ditingkatkan hingga 100 ribuan sehingga targetnya Perumnas dapat menyuplai 30 persen rumah murah. Kalau ini tercapai baru kita bisa jadi penstabilisator harga sehingga harga properti tidak terlalu melonjak-lonjak kenaikannya,” ujarnya kepada housing-estate.com di acara perayaan ulang tahun Perumnas ke-41 tahun di Bogor, Sabtu (15/8).

Dengan begitu Perumnas dijadikan ujung tombak penyedia hunian murah khususnya dalam program pembangunan sejuta rumah per tahun yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Untuk mewujudkan rencana ini, selain merevisi PP, Perumnas juga akan mendapatkan suntikan dana berupa penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp1 triliun.

“Tanpa aturan PP maupun dana PMN, selama ini Perumnas sendiri sudah bergerak ke sana dan kita tetap membangun tanpa menunggu PMN. Kita menggunakan dana sendiri selain menjalin kerja sama dengan perbankan seperti Bank BTN dan Bank BNI. Kalau PNM ini cair tentu akan kita gunakan untuk menambah kapasitas produksi selain untuk mengakuisisi lahan sebagai landbanking Perumnas selain tetap menjalin kerja sama dengan instansi lain yang memiliki lahan untuk kita kembangkan,” tandasnya.

housing-estate.com