Kinerja 25 Best Developer Sepanjang 2016 s/d Q 1/2017 (3)

Pendapatan berkelanjutan memainkan peran penting Pendapatan berkelanjutan (recurring income) beberapa pengembang papan atas memainkan peran penting dalam menyeimbangkan pelemahan siklus bisnis properti ...

  • propertidata
  • 2017.06.05
  • 490

    view

  • Kinerja 25 Best Developer Sepanjang 2016 s/d Q 1/2017 (3)

    Pendapatan berkelanjutan memainkan peran penting

    Pendapatan berkelanjutan (recurring income) beberapa pengembang papan atas memainkan peran penting dalam menyeimbangkan pelemahan siklus bisnis properti. Seperti LPKR yang recurring income tumbuh sebesar 13% menjadi Rp1,8 triliun dan memberikan kontribusi sebesar 72% terhadap total pendapatan.

    “Lippo Karawaci itu unik, karena bisnisnya tidak hanya mengandalkan properti. Saat industri properti sedang melambat, Perseroan memiliki lini bisnis lain yang dapat menjadi mesin pertumbuhan,” ujar Danang Kemayan Jati, VP Head of Corporate Communication Lippo Karawaci. Pakuwon juga memiliki porsi recurring income yang cukup besar, yakni 52%. Hal inilah yang membuat Analis NH Korindo Securities Bima Setiaji menilai, PWON merupakan emiten yang paling stabil dan memiliki prospek bisnis yang bagus di tahun ini. “Peningkatan recurring income sekitar 15% mungkin terjadi dengan penambahan dua mal baru tahun ini, yakni Mall Paku won Indah II dan Tunjungan Plaza VI,” ungkap Bima, seperti dikutip dari Kontan.

    Selain dari tambahan aset baru tersebut, Pakuwon juga berpotensi mencetak pertumbuhan recurring income dari kenaikan harga sewa properti leasing mereka. Melihat pentingnya pendapatan berulang membuat pengembang papan atas terus menggenjot pendapatan berulangnya.

    Bumi Serpong Damai menargetkan adanya pendapatan berulang sepanjang tahun ini sebesar Rp1 triliun. Perusahaan menaikan porsi pendapatan berulang yang rata-rata hanya 18% hingga 20% terhadap pendapatan, menjadi 20% hingga 25% sampai lima tahun ke depan. “Beberapa gedung perkantoran dan rencana pembangunan mal, itu kan pendapatan berulang,” ujar Hermawan. MPI/YS

    (Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci